Lewat G20 Indonesia Siap Gerakkan Ekonomi Dunia

Senin, 07 November 2022 - 14:21 WIB
loading...
Lewat G20 Indonesia Siap Gerakkan Ekonomi Dunia
Indonesia siap melakukan perannya dalam perekonomian dunia. Foto/istockphoto
A A A
JAKARTA - Lewat momentum Presidensi G20 di Bali, Indonesia siap untuk menggerakkan perekonomian dunia dan berperan dalam mengatasi krisis global. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan, Indonesia memiliki peran dalam G20 karena dari skala ekonominya mampu untuk memberikan dampak besar bagi perekonomian dunia.



Buktinya adalah mengenai gagasan pembuatan dana abadi, yang ternyata diusulkan oleh Indonesia. “Indonesia berhasil mengajak G20 membuat dana abadi, yang digunakan untuk ancang-ancang, semisalnya pandemi masih berlangsung, “ ungkapnya, dalam keterangan terulis, Senin (7/11/2022).

Pertemuan G20 sendiri menurut Usman Kansong berhasil membuka dan juga memperluas banyak sekali lapangan pekerjaan. Terlebih, sebagai tuan rumah, Indonesia sama sekali enggan jika pertemuan berskala Internasional tersebut hanyalah merupakan ajang adu gagasan saja dengan konsep yang masih belum jelas.

Makanya Indonesia terus mendorong supaya negara-negara anggota G20 benar-benar bisa menunjukkan hasil yang konkret demi perubahan dunia. Usman menambahkan bahwa produk domestik bruto (PDB) di Indonesia terus mengalami peningkatan yang menunjukkan kalau fundamental ekonomi bangsa ini sangat bagus.

Dengan adanya data itu, secara otomatis mampu menggerakkan perekonomian dunia karena juga ada penambahan pada nilai pasar unit usaha barang dan jasa pada suatu negara. Usman Kansong juga menegaskan bahwa forum KTT G20 bukan hanya membuat Indonesia akan berperan bagi perekonomian dunia saja.

Jika ada hal-hal lain seperti konflik global yang juga dampaknya mampu memengaruhi ekonomi, pasti akan langsung diperhatikan. “Walaupun G20 ini fokusnya terhadap perekonomian negara, namun jika terjadi dampak dari konflik global, akan tetap diperhatikan. Apalagi berdampak buruk bagi ekonomi,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo juga menyatakan bahwa dirinya memang mengundang seluruh pemimpin ekonomi dunia dengan tujuan agar bisa melakukan pemulihan global yang jauh lebih kuat.

“Saya mengundang seluruh pemimpin ekonomi dunia untuk berkontribusi pada Presidensi G20 untuk memastikan pemulihan global yang lebih kuat, yang lebih inklusif. Kerja sama tidak hanya antara pemerintah, not only G-to-G but also G-to-B, or even B-to-B,” ujarnya.

Puncak penyelenggaraan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dilakukan pada tanggal 15 hingga 16 November 2022 mendatang. Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus presidensinya telah menyiapkan setidaknya tiga fokus utama kajian yang akan dibahas.



Pertama adalah mengenai promosi produktivitas, kemudian peningkatan ketahanan dan stabilitas, hingga upaya memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan cara yang inklusif. Sebagai wakil dari negara berkembang, Indonesia bahkan secara substansial benar-benar berkontribusi untuk memunculkan beragam solusi bagi krisis multidimensional dunia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)