Gelar BKGN 2022, Pepsodent dan RSGM UNAIR Berikan Pemeriksaan Gigi Gratis

Senin, 07 November 2022 - 16:52 WIB
loading...
Gelar BKGN 2022, Pepsodent dan RSGM UNAIR Berikan Pemeriksaan Gigi Gratis
Pepsodent bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNAIR Surabaya menginisiasi kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 dengan melakukan pemeriksaan gigi gratis untuk masyarakat dan pelajar sekolah dasar (SD).
A A A
JAKARTA - Pepsodent bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNAIR Surabaya menginisiasi kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 dengan melakukan pemeriksaan gigi gratis untuk masyarakat dan pelajar sekolah dasar (SD). Kegiatan yang ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor UNAIR bidang akademik kemahasiswaan dan akademi Prof Bambang Sektiari Lukiswanto pada Selasa (1/11/2022).

Seremoni pembukaan BKGN 2022 yang ditandai dengan pelepasan burung merpati ini turut dihadiri Direktur RSGM UNAIR Prof drg Coen Pramono dan Dekan FKG drg Agung Sosiawan.

Telah ada sejak 2010, BKGN kali ini digelar di halaman RSGM UNAIR pada 1 November sampai 3 November 2022. Selain berikan perawatan gigi gratis, agenda ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi yang diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk mengenalkan kepada orang tua dan anak-anak agar kembali menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Kami juga memberikan edukasi-edukasi agar anak-anak ini memiliki kebiasaan membersihkan gigi pagi dan malam agar mereka terbebas dari karies gigi sedini mungkin,” tutur Prof drg Coen Pramono.

Hal ini dikarenakan, prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini masih sangat tinggi, yakni sekitar 93 persen berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) 2018. Berarti, hanya 7 persen anak Indonesia yang bebas dari karies gigi. Sedangkan, indeks rata-rata karies di Indonesia terjadi pada tujuh gigi di tiap orang dengan target usia 50 tahun memiliki 20 gigi dan usia 12 tahun bebas karies gigi.

“Angka karies yang begitu tinggi dan cenderung konsisten dari dua tahun terakhir itu, membuat kita merasa perlu dan penting merealisasikan apa yang disebut bulan kesehatan gigi nasional,” kata Dekan FKG UNAIR drg Agung Sosiawan.

Mengangkat tema “Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia” BKGN 2022 diharapkan dapat mengembalikan kebiasaan merawat gigi dan mulut.

“Kami harap BKGN 2022 dapat mendukung pemulihan kebiasaan merawat gigi dan mulut, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali bangkit hidup lebih sehat dan produktif dengan senyum sehat Indonesia,” ujar Head of Marketing Oral Care Unilever Indonesia, Distya Tarworo Endri.

Kegiatan BKGN 2022 merupakan kolaborasi Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent bersama PDGI, AFDOKGI, dan ARSGMPI. Bertujuan dapat memberikan edukasi, konsultasi, dan perawatan kesehatan gigi serta mulut secara gratis, BKGN 2022 melibatkan 100 staff dari beberapa departemen, serta mahasiswa di bawah supervisi dosen untuk kegiatan preventif yang menjadi konsen.

Selain mahasiswa S1, FKG UNAIR juga memiliki ppds yang membantu melaksanakan tugas dalam BKGN untuk pelayanan gigi sederhana yang menjadi dasar perawatan lanjutan.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)