alexametrics

Digitalisasi Warung, Cara Si Kecit Melewati Dampak Pandemi

loading...
Digitalisasi Warung, Cara Si Kecit Melewati Dampak Pandemi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM)mengungkap, pandemi telah menimbulkan dampak terhadap 16.313 UMKM, termasuk di dalamnya adalah warung-warung tradisional. UMKM mengalami penurunan jumlah permintaan, pasarnya mengecil, sehingga usaha sulit untuk dijalankan.

Untuk mengatasi itu, pemanfaatan teknologi digital bisa menjadi solusi bagi keberlangsungan UMKM. Dengan memanfaatkan platform digital yang terus berkembang, pelaku UMKM termasuk warung tradisional tetap bisa menjalankan usahanya dan melayani pelanggan tanpa harus melakukan kontak fisik.

Lebih dari itu, dengan masuk ke dalam ekosistem digital, UMKM juga punya peluang untuk membesarkan pasarnya. Karena itu, penting bagi UMKM untuk go digital agar mampu beradaptasi menghadapi perubahan dan terus berkembang.

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengatakan, situasi pandemi telah mengajarkan kepada masyarakat luas tentang efektivitas pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung aktivitas primer secara efisien. (Baca juga:Digitalisasi Jadi Kunci UMKM, Teten: GoFood Bisa Bikin Pelaku Kuliner Aman)



“Banyak pelaku usaha yang tetap mampu bertahan di tengah situasi sulit ini berkat dukungan teknologi. Inilah yang memacu kami untuk membangun sinergi ekosistem berbasis teknologi digital," ujar M. Kuncoro di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Kuncoro menambahkan, untuk membantu UMKM agar bisa go digital perlu menjalin kerja sama dengan para pihak terkait. Pasalnya, tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah saja untuk memajukan UMKM.



"Tapi juga harus melibatkan sinergi dan partisipasi semua pihak, termasuk penyedia teknologi digital terdepan, seperti dompet digital DANA,” ujarnya.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder DANA Vincent Iswara menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan BGR Logistics melibatkan DANA dalam salah satu upaya penting memulihkan perekonomian Nasional.

“DANA adalah sahabat UMKM. Pemilik warung dan seluruh pelaku UMKM dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan untuk go digital," katanya.

Ia mengatakan, sinergi dengan BGR Logistics selaras dengan misi DANA untuk terus meningkatkan inklusivitas teknologi digital bagi semua kalangan, termasuk membantu para pemilik warung dan pelaku UMKM agar mampu bertahan menghadapi segala tantangan di masa sulit ini.

Teknologi DANA terus dikembangkan oleh talenta-talenta unggul Indonesia dan siap memudahkan transaksi nontunai warung-warung makan, ataupun toko-toko kelontong, untuk mendapatkan pasokan bahan baku dengan harga terjangkau selama masa pandemi.

"Para pemilik warung dapat melakukan transaksi dengan praktis dan nyaman, mulai dari melakukan pemesanan hingga pembayaran, tanpa harus melakukan mobilisasi fisik,” tandasnya.
(uka)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top