Soal Dekarbonisasi, Ini Dampaknya Bagi Bisnis Besi Baja

Jum'at, 11 November 2022 - 13:35 WIB
loading...
Soal Dekarbonisasi, Ini Dampaknya Bagi Bisnis Besi Baja
Dampak dekasbonisasi terhadap industri besi dan baja. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BALI - Isu mengenai pengurangan emisi atau dekarbonisasi ramai dibicarakan. Dekarbonisasi diyakini akan berdampak pada sejumlah industri termasuk besi dan baja.

"Jika dilihat dari sisi bahan mentah industri besi baja dituntut untuk memproduksi rendah karbon dengan teknologi saat ini. Kami yang sekarang lakukan seperti mendaur ulang besi tua," ujar Managing Partner of Gunung Capital Kelvin Fu dalam acara Indonesia Net Zero Summit 2022: Decarbonization at All Cost, di Bali, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Luhut Pastikan Tak Buat Kebijakan yang Mengorbankan Anak-Cucu

Dia mengatakan dekarbonisasi akan berdampak bagi sejumlah industri termasuk besi dan baja. Pasalnya, industri dituntut untuk memproses dengan rendah karbon. "Secara fundamental, ini lebih bagaimana mendorong bisnis menjadi lebih berkelanjutan," ujar Kelvin.

Dia menyebutkan jika dilihat dari sisi industri besi baja yang banyak berkontribusi terhadap infrastruktur terdapat beberapa aspek peluang yang ditemukan. Banyak teknologi saat ini yang memungkinkan untuk memproduksi air dari atap rumah, dan kemudian dimasukkan dalam supply chain.

Baca Juga: Luhut Beberkan Wanti-wantinya Soal Kerja Sama EBT dengan Amerika Serikat

"Alasan kita melakukan itu adalah peluang memproduksi baja rendah karbon untuk di ekspor dan mengontrol biaya kami. Jadi, secara fundamental, dekarbonisasi praktek dari good business," kata dia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1778 seconds (10.177#12.26)