Vale dan Huayou Bangun Smelter Nikel, Bupati Kolaka: Sudah Lama Ditunggu

Minggu, 13 November 2022 - 14:14 WIB
loading...
Vale dan Huayou Bangun Smelter Nikel, Bupati Kolaka: Sudah Lama Ditunggu
Foto: Doc. PT Vale Indonesia Tbk (INCO)
A A A
Bupati Kolaka, Ahmad Safei menyambut baik investasi pembangunan smelter nikel oleh PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd (Huayou).

Keduanya resmi menandatangani perjanjian kerja sama definitif untuk menggarap proyek smelter berteknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL).

Safei mengatakan, investasi yang dilakukan Vale dan Huayou adalah kemajuan besar yang sudah ditunggu-tunggu oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

“Pemerintahan daerah khususnya yang berada di Kawasan Timur Indonesia, dengan kehadiran Vale dan Huayou dari China merupakan kemajuan luar biasa yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Kolaka," katanya, Minggu (13/11/2022).

Safei berharap, agar kesepakatan yang tertulis dalam MoU tersebut segera diaplikasikan, sehingga roda ekonomi dapat berputar dan membuka lapangan pekerjaan.

“Kami hadir di sini berharap semoga perjanjian dalam MoU tersebut sesegera mungkin diaplikasikan. Kalau dia (PT Vale dan Huayou) secepatnya action, sehingga merekrut tenaga kerja di sini, akan ada orang bekerja," pintanya.

“Selain itu jika ada orang yang bekerja, ya pastinya ada uang, ada uang terhindar dari kemiskinan, terhindar dari kriminalitas dan lain-lainnya,” Safei menambahkan.

Safei menjelaskan, pihaknya akan mempermudah investor yang menanamkan modal di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara tersebut.

“Kami sangat terbuka, kami akan memberikan jaminan (kemudahan) kepada para investor yang datang sampai ke tingkat bawah, bahkan komunikasi dengan masyarakat,” ujarnya.

“Tidak perlu berhari-hari, beberapa jam saja sudah pasti selesai semua (perizinan) itu,” klaimnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)