Menparekraf Sandiaga Uno Bantu Tingkatkan Omzet Peserta AKI 2022

Minggu, 13 November 2022 - 17:23 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Bantu Tingkatkan Omzet Peserta AKI 2022
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Pekan Puncak AKI 2022. FOTO/dok.Istimewa
A A A
TANGERANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut membantu meningkatkan omzet peserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022. Pekan Puncak AKI 2022 berlangsung 6-9 Oktober di Tangerang.

"Saya sangat terharu karena dapat mengunjungi 16 kota/kabupaten tempat berlangsungnya AKI 2022. Semua saya datangi satu persatu tidak ada yang missed. Alhamdulillah saya diberikan kesehatan dan tim yang kuat. Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Dengan mengucap alhamdulillah seluruh rangkaian AKI 2022 secara resmi ditutup," ujar Menparekraf Sandiaga saat menghadiri Pekan Puncak AKI 2022 di AEON Mall BSD City Tangerang, Banten, baru-baru ini.



Menurut Sandiaga AKI 2022 tampil lebih baik dan semakin mengafirmasi pengalaman. "Bukan hanya kenaikan omzet. 4 hari mereka pameran di sini selalu sold out dapat order. Peserta AKI juga mendapatkan kemudahan pembiayaan untuk peningkatan usaha dan penciptaan lapangan kerja," tuturnya.

Saat ditanya proyeksi omzet AKI 2022, menurut Menparekraf saat ini sedang dihitung. "Mungkin akan menembus angka 50 persen lebih dari yang kita targetkan. Tahun lalu dari 16 kota kita menyasar total antara Rp16 miliar sampai Rp32 miliar. Tahun ini mungkin lebih dari itu," ujarnya.

Untuk diketahui, rangkaian pameran AKI 2022 telah dilaksanakan di 16 kota/kabupaten, mencakup Tasikmalaya – Cirebon – Yogyakarta – Tegal – Banjarmasin – Padang – Tangerang – Cilegon – Pontianak - Banda Aceh – Jember – Kendari - Sidoarjo – Jambi – Ambon dan Pekanbaru.

Sandiaga melihat geliat ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia sudah mulai menunjukkan kekuatan. "Saya berharap brand-brand tadi (yang tersaring dalam AKI) nantinya menjadi legenda dan membuka jutaan lapangan kerja. Saat ini kita menghadapi tantangan inflasi dan potensi reses tahun depan. Dengan memperkuat UMKM saya optimistis bisa melalui tantangan tersebut dan bisa terus mengawal kebangkitan ekonomi kita," ujarnya.

Sandiaga berharap peserta AKI akan menyusul kesuksesan Indra Lesmana, musisi legendaris Indonesia, dan Edward Tirtanata, co-founder Kopi Kenangan. Sebelum menutup Puncak Pameran AKI 2022, Menparekraf melakukan dialog dengan kedua tokoh di bidang musik dan kuliner itu demi memacu semangat peserta AKI untuk terus menciptakan produk dan karya kreatif.

Super Mentor AKI 2022 itu juga berbagi kabar gembira yang diraih para peserta AKI 2022 yang berhasil tersaring mewakili 16 kota/kabupaten dan menampilkan produknya di Pekan Puncak AKI 2022. “Saya akan share bukti nyata. Pada hari kedua pameran, Batik Jambi Berkah didatangi salah satu pengunjung pameran yang ternyata dari Kedutaan Inggris. Mereka pesan batik 400 pcs yang di-icustom khusus. Sedangkan di sektor kuliner, Bosteak terjual habis dan harus order untuk bisa menikmatinya. Bosteak juga mendapat orderan langsung hingga 200 dari pengunjung yang berasal dari Cilacap,” ujarnya.

Menparekraf mengatakan banyak manfaat bagi pelaku ekraf UMKM dengan mengikuti AKI. “Inilah program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Terima kasih kepada semua mitra, Shopee, Gopay dan Goplay serta Aplikasi Qasir, serta AEON Mall BSD City yang turut mensukseskan program ini,” imbuh Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)