Gaet Investor ke Energi Hijau, Jokowi Sodorkan Lahan Ribuan Hektare di Kaltara

Senin, 14 November 2022 - 18:27 WIB
loading...
Gaet Investor ke Energi Hijau, Jokowi Sodorkan Lahan Ribuan Hektare di Kaltara
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam penutupan B20 Summit Indonesia 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022). REUTERS/Willy Kurniawan
A A A
NUSA DUA - Ribuan hektare lahan disiapkan bagi para investor yang berniat menanamkan modalnya dalam sektor energi hijau di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lahan tersebut di Kalimantan Utara (Kaltara) untuk dapat dibangun Green Industrial Park.

"Kami telah menyiapkan di Kalimantan Utara, 30 ribu hektare lahan untuk green industrial park yang nantinya saya yakin akan berbondong-bondong investor datang untuk membangun produk-produk hijau dari Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya di B20 Summit Indonesia 2022, Bali, Senin (14/11/2022).



Jokowi juga mengungkapkan, bahwa di dekat kawasan Green Industrial Park itu, terdapat sebuah sungai yang bisa memproduksi energi hijau hingga 13 ribu Megawatt. "Karena didekat kawasan itu ada sungai Kayan yang bisa memproduksi energi bersih, energi hijau sebesar 13 ribu Megawatt yaitu hidropower," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk energi hijau mencapai 434 ribu Megawatt.

"Berkaitan dengan ekonomi hijau, sudah sering saya sampaikan bahwa potensi energi baru terbarukan renewbel energi di Indonesia itu sangat besar. Ada potensi 434 ribu Megawatt baik dari hidropower, baik dari geothermal, baik dari solar panel baik dari angin, baik dari tidel wave semuanya ada," jelasnya.



Dengan besarnya energi hijau yang bisa dihasilkan, Jokowi mengajak pimpinan negara dan para investor untuk dapat menjalin kerja sama. "Inilah kesempatan para investor untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia membawa investasi, membawa teknologi. Karena ini memerlukan uang yang tidak sedikit untuk bersama-sama ekonomi hijau di Indonesia," kata Jokowi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)