Di Forum Bisnis G20, Jokowi Berbagi Strategi Jitu Hadapi Krisis Global

Senin, 14 November 2022 - 18:33 WIB
loading...
Di Forum Bisnis G20, Jokowi Berbagi Strategi Jitu Hadapi Krisis Global
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam penutupan B20 Summit Indonesia 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022). FOTO/REUTERS/Willy Kurniawan
A A A
BALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagi strategi menghadapi krisis global dalam forum bisnis G20 di Bali. Tiga strategi yang digunakan Indonesia, yakni hilirisasi, transisi energi dan transformasi digital.

"Strategi besar yang sudah sering saya sampaikan secara konsisten terus kita jalankan yang pertama hilirisasi, industrialisasi bahan-bahan mentah yang kita miliki memang harus kita stop," kata Jokowi dalam sambutannya di B20 Summit Indonesia 2022, Bali, Senin (14/11/2022).

Diberhentikannya ekspor bahan mentah, kata Jokowi, dapat meningkatkan nilai tambah di dalam negeri baik yang berkaitan dengan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja. "Dan sudah kita mulai dengan nikel dalam rangka membangun sebuah ekosistem besar EV battery, baterai listrik untuk mobil listrik," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Jokowi menyebutkan strategi kedua, yakni berkaitan dengan ekonomi hijau. Jokowi menyebut dirinya sudah sering menyampaikan bahwa potensi energi baru terbarukan di Indonesia itu sangat besar. Potensinya, yakni 434 ribu megawatt (MW) yang berasal dari hidropower, dari geothermal, solar panel, angin, hingga tidak wave.

"Inilah kesempatan para investor untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia membawa investasi,membawa teknologi karena ini memerlukan uang yang tidak sedikit untuk bersama-sama ekonomi hijau di Indonesia," ungkapnya.

Strategi selanjutnya ialah digitalisasi. Jokowi mengajak negara-negara besar ataupun pihak-pihak yang memiliki jabatan di negaranya untuk dapat membantu para pengusaha kecil agar tidak tertinggal.

"Kita sudah tiga tahun belakangan ini memasukkan usaha-usaha kecil usaha-usaha mikro untuk masuk ke digital platform dan sudah sampai saat ini sudah ada 19 juta usaha kecil usaha mikro yang sudah masuk ke platform-platform digital dari 64 juta UMKM yang kita miliki," ungkapnya.

Baca Juga: IMF Kembali Beri Tanda Bahaya, Prospek Ekonomi Global Semakin Suram

Dia menargetkan di 2024 UMKM yang masuk ke digital platform mencapai di atas 30 juta. Jokowi pun menitipkan kepada India yang akan menjadi Presidensi B20 tahun depan untuk membawa harapan usaha-usaha mikro untuk diperjuangkan.

"Saya titip kepada India, agar nantinya juga usaha-usaha kecil usaha-usaha mikro juga masih dibawa lagi diteruskan. Dan terakhir saya mengucapkan selamat bekerja bagi presidensi B20 India di tahun depan saya optimistis B20 akan semakin solid dan terus berkembang," kata dia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2319 seconds (10.101#12.26)