Dinilai Bermanfaat Bagi Jutaan Warga, Ratu Maxima Apresiasi Program Kartu Prakerja

Selasa, 15 November 2022 - 10:15 WIB
loading...
Dinilai Bermanfaat Bagi Jutaan Warga, Ratu Maxima Apresiasi Program Kartu Prakerja
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti saat berkunjung ke Indonesia pada 2022 silam. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc
A A A
JAKARTA - Program Kartu Prakerja mendapatkan apresiasi khusus dari Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Inklusi Keuangan Ratu Máxima Zorreguieta Cerruti.

Permaisuri Raja Willem Alexander dari Kerajaan Belanda itu menilai Kartu Prakerja sebagai program yang mampu menggerakkan inklusi keuangan.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan secara virtual pada hari kedua B20 Summit Indonesia 2022 di Bali. Saat berbicara pada sesi “Enabling Digital Transformation to Promote Financial Inclusion”, Senin (14/11), Ratu Maxima menyatakan saat ini 76% orang dewasa dunia sudah tersentuh inklusi keuangan.

Menurut dia, penggunaan pembayaran digital juga menjadi krusial dalam memberikan bantuan sosial selama pandemi COVID-19. “Dari Jakarta hingga Afrika Timur, jutaan pedagang kecil saat ini melakukan transaksi keuangan melalui gawai pribadi mereka, mengubah kemampuan mereka dalam berinvestasi untuk masa depan yang lebih sejahtera,” ujarnya, dikutip Selasa (15/11/2022).

Ratu Maxima mengapresiasi Indonesia lewat Program Kartu Prakerja yang mengedepankan kemitraan dengan lembaga pelatihan, e-marketplace, portal kerja dan teknologi finansial untuk melayani jutaan warga.

Sebagai informasi, per November 2022, Kartu Prakerja telah memberi manfaat bagi 16,4 juta warga di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Kartu Prakerja berhasil meningkatkan skill, meningkatkan kewirausahaan, atau mencari pekerjaan, sekaligus memberi bantuan sosial langsung via smartphone mereka,” tuturnya.

Baca juga: 2 Cara Menghubungkan e-Wallet atau Rekening ke Kartu Prakerja, Ternyata Mudah!

Selain Indonesia, Ratu Maxima juga memberi perhatian positif pada pemerintah Brasil, India, dan juga negara-negara kecil seperti Peru dan Estonia.

Negara-negara tersebut dinilai terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 melalui platform digital, dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1942 seconds (11.252#12.26)