Dinilai Bermanfaat Bagi Jutaan Warga, Ratu Maxima Apresiasi Program Kartu Prakerja

Selasa, 15 November 2022 - 10:15 WIB
loading...
A A A
“Langkah ini membuat masyarakat rentan memiliki akses ke layanan keuangan sehingga mendorong inklusi finansial untuk seluruh lapisan masyarakat,” urainya.

Dia berharap peningkatan akses ini dibarengi dengan menggencarkan edukasi dan tata kelola data bagi warga kurang mampu agar dapat memaksimalkan manfaat dari layanan keuangan digital.

“Keamanan siber, perlindungan konsumen, tata kelola data, dan literasi digital membantu komunitas yang terpinggirkan menggunakan layanan ini dengan baik,” ucap Ratu Maxima.

Ratu Maxima juga mengapresiasi platform India Stack yang menggabungkan nomor induk kependudukan, payment interface, dan akun agregator dalam satu platform yang mudah diakses.

Ratu Maxima mengingatkan, penggunaan layanan keuangan digital harus didukung dengan literasi digital yang masif, peningkatan keamanan data pribadi, serta infrastrukturnya. “Hal ini penting untuk memastikan masyarakat tidak dirugikan dari maraknya kejahatan siber,” katanya.

Ratu Maxima mendorong kerja sama pemerintah dengan swasta untuk meningkatkan inklusi finansial, keamanan data, serta keterampilan masyarakat rentan agar lebih berdaya saing.

“Upaya itu akan membutuhkan tindakan dari semua pemangku kepentingan, terutama banyak pemimpin di bidang bisnis dan keuangan di sini hari ini, dari negara-negara G20 yang hadir di Indonesia dan di seluruh dunia,” paparnya.



Pada forum yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengangkat peran penting Kartu Prakerja sebagai program dengan pendekatan inklusif yang bertujuan untuk reskill, upskill, dan meningkatkan literasi digital, serta di saat bersamaan mampu meningkatkan inklusi keuangan.

“Untuk beradaptasi dengan dunia kerja masa depan dan menciptakan peluang baru bagi mereka yang terkena dampak disrupsi teknologi dan pandemi, kami telah mengembangkan sistem pendidikan vokasi online melalui Kartu Prakerja,” kata Airlangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)