Ekonomi Bali Tumbuh 8,1%, Sandiaga Uno: KTT G20 Pacu Optimisme

Selasa, 15 November 2022 - 17:43 WIB
loading...
Ekonomi Bali Tumbuh 8,1%, Sandiaga Uno: KTT G20 Pacu Optimisme
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. FOTO/dok.Istimewa
A A A
NUSA DUA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis tren pemulihan ekonomi di Bali terus berlanjut. Pada kuartal III 2022 tumbuh signifikan sebesar 8,1% year on year (yoy) lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya sebesar 3,05%.

"Maka dari itu, ekonomi Bali diramal tumbuh pulih di kuartal IV, terlebih dengan adanya penyelenggaraan G20 summit, juga dengan libur akhir tahun diharapkan akan menciptakan pekerjaan berkualitas di berbagai sektor," ungkap Sandiaga dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).



Sandiaga mengatakan bahwa banyak maskapai diprediksi akan meningkatkan frekuensi penerbangannya ke Bali dan destinasi lain, dan mendorong fokus turisme berkualitas dan berkelanjutan serta berfokus pada 18 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan juga wisata medis Sanur.

Pihaknya juga akan mendorong peningkatan daya saing, promosi pariwisata melalui paket menarik dan juga aktivitas promosional, serta mengundang lebih banyak penerbangan dari skala global.

"Kami mengembangkan ekonomi berbasis laut, misal dengan cruise. Bandara juga meningkatkan kapasitas logistiknya dan juga mengembangkan leading commodities seperti hasil laut, kuliner, dan kerajinan tangan," sebut Sandiaga.

Dia berpesan agar pemulihan ekonomi ini harus holistik dan komprehensif dengan konsep tak ada yang tertinggal, serta bisa melibatkan UMKM dan juga kaum perempuan. Penyelenggaraan KTT G20 memacu optimisme pertumbuhan ekonomi khususnya di Bali.

Baca Juga: Momen Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin G20 Lihat Kearifan Lokal

"Sebagai tuan rumah, kami menyambut para pemimpin, bukan hanya 20 negara ekonomi terbesar, tetapi juga undangan lain, termasuk para pemimpin organisasi dunia. Kami berharap semua delegasi menikmati kecantikan alam dan budaya, juga keramahan bukan hanya dari orang Bali, tapi juga Indonesia," pungkas Sandiaga.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)