Membangun Ekosistem UMKM yang Baik lewat Festival

Sabtu, 12 November 2022 - 13:13 WIB
loading...
Membangun Ekosistem UMKM yang Baik lewat Festival
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno usai membuka Tumbuh Festival. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perhelatan bazar berbasis UMKM dalam gelaran "Tumbuh Festival" secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di area Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat kemarin (11/11/2022).



Tumbuh Festival selain menghadirkan bazar kuliner juga ada talkshow dan Musik Fest untuk menghibur para pecinta UMKM yang datang berkunjung. Dalam sambutannya, Sandiaga Uno sangat mengapresiasi digelarnya Tumbuh Festival oleh komunitas Yuk Tumbuh Bersama.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian dan merupakan pahlawan ekonomi Indonesia dengan kontribusinya mencapai 61% terhadap PDB 2021,” ungkap Sandiaga Uno.

Menparekraf berharap agar para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk ekonomi kreatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal dalam rangka penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja baru.

“Semakin banyak yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM akan produknya, tentu akan menciptakan peluang usaha serta lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Sementara itu, pendiri Komunitas Yuk Tumbuh Bersama Prilly Latuconsina mengatakan, tujuan digelarnya Tumbuh Festival ingin membangun ekosistem UMKM yang baik, agar penggiat UMKM bisa saling support dan membantu para UMKM yang lain.

“Iya membantu buka usaha, bazar. Karena banyak sekali UMKM dari daerah, dan kehadiran di Jakarta dalam Tumbuh Festival ini bisa saling berbagi pengalaman dalam mengelola UMKM,” tuturnya.

Prilly mengklaim bahwa di event Tumbuh Festival dari awal tidak pernah memikirkan target apalagi profit, karena komunitas ini 100% hanya ingin membantu UMKM dan membentuk ekosistem nya.

"Agar para UMKM bisa support dan saling mempunyai relasi. Makanya saya ingin membangun komunitas ini,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)