Ambil BSU di Kantor Pos, Cepat dan Utuh Tanpa Potongan

Kamis, 17 November 2022 - 15:07 WIB
loading...
Ambil BSU di Kantor Pos, Cepat dan Utuh Tanpa Potongan
Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris
A A A
JAKARTA - Bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 mulai dicairkan pada November 2022. Pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara dapat mencairkan BSU melalui Kantor Pos.

PT Pos Indonesia (Persero) digandeng Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyalurkan BSU kepada 3,6 juta pekerja. Demi percepatan penyaluran, PT Pos Indonesia membuka layanan di seluruh Kantor Pos dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-20.00.

“PT Pos Indonesia membuka layanan penyaluran BSU setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu,” kata Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/11/2022).

(Baca juga:Layani Pencairan BSU, Kantor Pos Bekasi Buka hingga Malam)

Selain disalurkan melalui Kantor Pos, PT Pos Indonesia mencairkan BSU melalui komunitas (perusahaan atau instansi) tempat pekerja berkumpul, dan petugas Kantor Pos yang mendatangi bila ada pekerja yang sakit.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris menambahkan pihaknya telah menyalurkan BSU serentak sejak 2 November 2022. PT Pos Indonesia melakukan berbagai strategi agar target penyaluran bisa tuntas sebelum akhir November.

Strategi tersebut yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai media elektronik, online, cetak dan media sosial, menambah waktu pelayanan hingga pukul 20.00 WIB hingga Sabtu dan Minggu di Kantor Pos.“Kami juga menambah petugas atau juru bayar serta mendatangi perusahaan atau komunitas,” kata Haris.

(Baca juga:Antusias Terima BSU, Pekerja Rela Datang Pagi ke Kantor Pos)

Perpanjangan jam pelayanan Kantor Pos ini dilakukan agar tidak mengganggu jam kerja para pekerja. Tak hanya itu, dengan menerapkan sistem yang terorganisir dengan baik, proses pengambilan BSU di Kantor Pos pun terbilang cepat dan efisien.Uang BSU sebesar Rp600.000 pun diserahkan kepada penerima tanpa potongan apapun.

Para pekerja yang berhak menerima BSU banyak yang memilih mencairkan dana di Kantor Pos pada hari Sabtu dan Minggu. Misalnya, Suripto. “Saya ambil BSU hari Minggu di Kantor Pos. Saya merasa dipermudah karena Kantor Pos buka Sabtu dan Minggu, tidak mengganggu jam kerja,” kata Suripto yang mengambil BSU di Kantor Pos Bandar Lampung.

Uang BSU sebesar Rp600.000 yang diterimanya akan dipakai Suripto untuk membeli sembako dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. “Terima kasih Pak Jokowi atas bantuannya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pos Indonesia karena sangat membantu, pelayanan cepat dan bagus. Terima kasih juga kepada Ibu Menaker Ida Fauziyah. Harapan saya bisa dapat BSU lagi karena sangat membantu pekerja yang mendapat gaji standar UMR,” katanya.

(Baca juga:Kantor Pos Manado Buka 24 Jam! Pekerja Bisa Cairkan BSU Kapan Saja)

Penerima BSU lainnya, Adi Puput Pilingan, juga mengambil BSU di hari Minggu. Ia membawa serta anaknya karena sekalian jalan-jalan. “Kantor Pos hari Minggu tetap buka. Sangat membantu karena jadwal libur saya tidak tentu, bergantung jadwal. Dengan adanya jam pelayanan di hari Minggu mempermudah kita mengambil BSU,” kata Adi.

Lebih lanjut Adi menuturkan harapannya agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan subsidi, namun juga menurunkan harga BBM. “Harapannya ke depan harga-harga jangan naik terus. Karena kalau harga naik, bantuan seperti ini tidak menjadi pemecah masalah. Harga BBM semoga bisa stabil karena menjadi jantungnya usaha. Kalau harga BBM naik, semua harga barang ikut naik,” katanya.

Mendapatkan BSU di tengah lonjakan harga BBM, Adi mengucapkan syukur. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Alhamdulillah, saya terima Rp600.000. Bantuan ini meringankan beban di tengah melonjaknya harga-harga akibat kenaikan BBM. Berdampak terhadap masyarakat bawah. Terima kasih kepada Presiden Jokowi, dan Menaker Ida Fauziyah. Saya sangat terbantu,” ujarnya.

Aisyah Yulika Saputri, penerima BSU di Kantor Pos Bandar Lampung, mengapresiasi pelayanan cepat dan ramah dari petugas. “Pelayanan di Kantor Pos cepat dan ramah. Saya menunjukkan KTP asli dan akun Pospay untuk verifikasi data, terus terima uangnya di loket. Cepat banget, enggak sampai 5 menit,” kata Aisyah.

Aisyah berharap pemerintah akan terus menyalurkan bantuan subsidi secara rutin. “Harapannya bisa terima BSU setiap bulan. Uang ini akan dipakai untuk membeli kebutuhan anak. Terima kasih kepada Presiden Jokowi, saya sudah dikasih bantuan BSU. Terima kasih juga Kantor Pos, pelayanannya cepat banget,” ujarnya.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)