Industri Mainan Lokal Berupaya Ekspansi Pasar Global

Kamis, 17 November 2022 - 19:55 WIB
loading...
Industri Mainan Lokal Berupaya Ekspansi Pasar Global
Figure mainan lokal yang siap masuk pasar global. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Industri kreatif Tanah Air mulai kembali bangkit setelah dihantam pandemi dalam tiga tahun terakhir. Kebangkitan ditandai dengan meningkatnya berbagai event hiburan, tumbuhnya angka penonton bioskop, serta peluncuran produk baru dari pelaku usaha mainan.

Baca juga: Program Ini Buka Peluang Kreatif Muda di Dunia Fashion Menembus Paris Trade Show 2023

Salah satu produsen mainan Indonesia, PT Royal Kreasi Cemerlang (RKC), baru saja meluncurkan mainan atau figure Sri Asih dan Gundala, sosok superhero Indonesia dari Jagat Bumi Langit yang live action-nya telah diangkat ke layar lebar.

Direktur RKC Andrias Santoso mengatakan peluncuran mainan superhero lokal tersebut merupakan bagian dari upaya pelaku usaha kreatif dalam negeri mendukung pengembangan intellectual property (IP) lokal agar lebih dikenal dan diterima, baik di pasar domestik maupun mancanegara.

“Dengan mengusung merek Zigo, kami memproduksi 2 (dua) bentuk pose untuk Sri Asih dan 1 (satu) bentuk pose untuk Gundala. Ketiganya dapat diperoleh melalui online store serta jaringan minimarket Indomaret,” ungkap Andrias dalam keterangan pers, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, kedua mainan tersebut diproduksi untuk memenuhi pangsa pasar penggemar mainan superhero Indonesia yang saat ini permintaannya masih cukup tinggi. Andrias mengatakan, mainan Sri Asih dan Gundala memiliki tampilan yang cukup bersahabat dan menggemaskan, sehingga cocok untuk semua kalangan.

Untuk memperkenalkan produk terbarunya tersebut, RKC akan melakukan serangkaian promosi melalui roadshow ke beberapa kota. “Dalam roadshow tersebut kami akan memberikan giveaway serta menggelar berbagai aktivitas promosi lainnya,” kata dia.

Seperti halnya produk mainan buatan RKC lainnya, Andrias memastikan figure Sri Asih dan Gundala memiliki kualitas dan standar keamanan yang baik. Pasalnya, RKC mengedepankan empat aspek utama dalam setiap produk yang diluncurkannya, yaitu ramah lingkungan, aman digunakan, aman bagi anak dan balita, serta bersertifikasi SNI.

Andrias meyakini, mainan superhero lokal dalam format figure berpeluang untuk lebih diterima berbagai kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. “Seperti kita ketahui saat ini mainan dalam format figure bukan hanya menarik minat anak-anak, tetapi juga menjadi hobi di kalangan dewasa," ucapnya.

Sri Asih dan Gundala merupakan tokoh superhero lokal dari Jagat Bumi Langit yang telah diangkat ke layar lebar. Film Sri Asih telah tayang di bioskop dan meramaikan kancah perfilman dalam negeri mulai 17 November 2022 ini, meneruskan alur cerita Jagat Bumi Langit yang telah memulai debutnya melalui film Gundala pada 2019 lalu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2248 seconds (10.177#12.26)