Kurangi Emisi Karbon, Mowilex Investasi Pasang Panel Surya

Kamis, 17 November 2022 - 23:36 WIB
loading...
Kurangi Emisi Karbon, Mowilex Investasi Pasang Panel Surya
Mowilex memasang instalasi panel surya mendukung energi bersih. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Mowilex Indonesia (Mowilex) memangkas emisi karbon dengan melakukan investasi panel surya di gedung kantor pusat. Perusahaan juga berencana memasang panel surya di pabrik Cikande, dan di seluruh fasilitas operasional perseroan.

"Proyek ini membantu Mowilex mengurangi jejak karbon secara permanen, mencapai 30% di kantor pusatnya saja. Kami bangga ikut memajukan tujuan energi bersih Indonesia, dengan memangkas emisi pada sumbernya, dibanding hanya mengandalkan kompensasi karbon atau carbon offsets," kata CEO Mowilex Indonesia Niko Safavi melalui pernyataannya, Kamis (17/11/2022).



Dia menuturkan bahwa kanopi tenaga surya terpasang di area parkir. Instalasi ini, sekaligus untuk memayungi kendaraan dan memotong panas yang diserap aspal di bawahnya. Sistem ini menghasilkan keluaran energi maksimal yang diizinkan oleh peraturan Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan bakal mengurangi emisi karbon hingga 30%. "Perseroan menjadi satu-satunya produsen nol karbon di Indonesia yang memperluas komitmen netralitas karbon," kata dia.

Adapun pemasangan pembangkit energi terbarukan tersebut untuk mengurangi emisi karbon sekaligus mendukung dua tujuan nasional, cita-cita Indonesia menggunakan 25% energi terbarukan pada 2030, dan target emisi nol karbon pada 2060. Sementara itu, Tania Wakhidah Ariningtyas yang mengarahkan inisiatif keberlanjutan untuk PT Mowilex Indonesia menambahkan, transisi dari bahan bakar fosil ke energi surya terbarukan mengurangi jejak karbon Mowilex, tanpa kompensasi karbon. "Proses penyisipan karbon ini menggarisbawahi komitmen kami terhadap kepemimpinan lingkungan,” ujar Tania Wakhidah Ariningtyas.



Mowilex mengenalkan instalasi tenaga surya ketika Bali bersiap menjadi tuan rumah konferensi G20 pada November, yang akan dihadiri pemimpin dunia, untuk mendiskusikan energi bersih, iklim, dan perekonomian. Perusahaan mendukung sejumlah proyek yang sejalan dengan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) PBB, termasuk inisiatif yang mempromosikan energi terbarukan, keanekaragaman hayati, dan pengembangan komunitas yang bertanggung jawab.

"Pelanggan kami sangat peduli dengan dampak lingkungan. Terutama untuk kalangan anak muda Indonesia, juga arsitek dan klien komersial. Dengan mengurangi emisi karbon secara permanen, perusahaan memudahkan pelanggan membuat pilihan yang etis dan ramah lingkungan setiap kali mereka membeli cat," kata Safavi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)