Pemerataan Infrastruktur Pacu Peningkatan Minat Konsumen Berlibur ke Destinasi Baru

Jum'at, 18 November 2022 - 15:05 WIB
loading...
Pemerataan Infrastruktur Pacu Peningkatan Minat Konsumen Berlibur ke Destinasi Baru
Wisata alam menjadi salah satu pilihan favorit keluarga. Ilustrasi foto/SINDOnews/Astra Bonardo
A A A
JAKARTA - Jelang akhir tahun yang identik dengan liburan , masyarakat mulai sibuk mencari informasi dan merencanakan perjalanan ke berbagai daerah di Tanah Air.

Guna memudahkan konsumen mewujudkan rencana liburannya, terutama saat tren staycation sedang diminati, platform perjalanan dan gaya hidup Traveloka bersama 7. 000 mitra di sektor pariwisata seluruh Indonesia menggelar Traveloka Staycation Week 2022. Program ini juga bertujuan menjaga momentum kebangkitan sektor pariwisata.

Digelar pada 21 Oktober hingga 3 November, Traveloka Staycation Week 2002 sukses mencatat peningkatan traffic dan pemesanan di sejumlah lini produknya.

Data internal Traveloka menunjukkan bahwa peningkatan tren staycation secara domestik dan internasional mencapai lebih dari 100% atau sudah melebihi pada saat pra pandemi.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, staycation yang awalnya mulai meningkat sejak pandemi, kini semakin digemari masyarakat.

“Pengguna Traveloka memilih staycation sebagai bentuk liburan singkat untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari tanpa perlu menanti libur nasional atau libur panjang sekolah,” ujarnya, dikutip Jumat (18/11/2022).



Dengan maraknya tren staycation bagi masyarakat, pihaknya menyambut baik minat konsumen terhadap destinasi wisata baru yang mencatatkan peningkatan pemesanan signifikan.

Traveloka mengapresiasi langkah pemerintah yang mendorong pemerataan infrastruktur sehingga akses untuk destinasi baru semakin terbuka.

“Traveloka juga siap memperkuat peran sebagai platform perjalanan dan gaya hidup yang dapat mewujudkan beragam aspirasi para penggunanya. Kami harap kesuksesan Traveloka Staycation Week dapat semakin memperkuat ekosistem pariwisata nasional,” ucap Shirley.

Disambut baik oleh konsumen, gelaran Traveloka Staycation Week 2002 juga menunjukkan tren unik dan menarik terkait minat yang cukup tinggi terhadap destinasi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat luas atau biasa disebut dengan destinasi “hidden gems”. “Destinasi hidden gems ini menawarkan keindahan alam yang memesona serta ragam aktivitas wisata yang menarik,” tuturnya.

Dia menerangkan, setidaknya ada lima destinasi favorit baru yang menjadi pilihan konsumen Traveloka Staycation Week 2022. Pertama adalah Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara dengan pesona wisata pantai yang indah dan belum banyak dijamah pengunjung.

Traveler dapat berkunjung ke Pantai Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang. Pemandangan jejeran Pulau Tiga Maelang dengan suasana pantai pasir yang bersih dan air laut yang jernih kebiruan memanjakan mata pengunjung. “Di Bolaang Mongondow juga terdapat berbagai tipe akomodasi mulai dari losmen hingga hotel bintang empat,” ungkapnya.

Kedua, wilayah kabupaten Sragen, Jawa Tengah, yang menawarkan wisata sejarah ke Museum Prasejarah Sangiran dengan berbagai koleksi benda-benda purbakala.

Tak hanya itu, ungkap Shirley, Sragen juga memiliki wisata alam yang indah. Keindahan alam Sragen, Gunung Kemukus, Gemolong Edupark dan air terjun Kedung Grujug bisa menjadi pilihan.

Ketiga, daerah Tabalong di Kalimantan Selatan dengan daya tarik Goa Liang Tapah yang cocok untuk pehobi wisata petualangan. Goa ini merupakan salah satu wisata alam yang termasuk geosite di wilayah Geopark Meratus.

Berlokasi sekitar 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro, Goa Liang Tapah cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Keempat, kabupaten Biak Numfor di Papua dengan daya tarik destinasi wisata Negeri Dongeng Barupi Padwa Sup yang menyuguhkan pemandangan alam dan hutan nan asri.

Nikmati juga keindahan Telaga Biru Samares di Distrik Biak Timur dengan airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Pemandian alami ini dapat dicapai dengan perjalanan selama satu jam dari kota Biak.

Kelima, kabupaten Majalengka di Jawa Barat. Dengan geografis wilayah dataran tinggi dan dataran rendah, Majalengka punya beragam keindahan alam yang memukau, salah satunya blue lagoon kenamaan bernama Telaga Nila.

Sembari menikmati keindahan pemandangan air danau berwarna biru kehijauan, pengunjung juga bisa snorkeling dan melihat lebih dekat ikan warna-warni di telaga. Melengkapi pengalaman wisata air, Majalengka juga memiliki pilihan kegiatan seperti spot river tubing atau arung jeram.



Selain lima destinasi tersebut, kota-kota seperti Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Batam, Lampung dan Padang juga termasuk dalam destinasi alternatif favorit konsumen selama program Traveloka Staycation Week 2022.

Executive Assistant Manager Wyndham OPI Hotel Palembang Jumin Hidayat mengatakan, selama setahun terakhir, kota Palembang turut menjadi destinasi pilihan konsumen untuk melakukan staycation.

“Bergabung dalam program Traveloka Staycation Week membawa respon yang positif dari konsumen, terlihat dari adanya peningkatan transaksi hingga dua kali lipat dibandingkan periode biasa,” ungkapnya.

Dia berharap kerja sama dengan Traveloka semakin membuahkan hasil positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata ke depannya, khususnya dapat membantu mencapai target kunjungan 1,5 juta wisatawan ke kota Palembang pada tahun ini.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)