10 Perusahaan Lokal yang Baru Melakukan PHK, dari Startup hingga Telekomunikasi

Senin, 21 November 2022 - 14:51 WIB
loading...
10 Perusahaan Lokal yang Baru Melakukan PHK, dari Startup hingga Telekomunikasi
PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja baru -baru ini tengah marak dilakukan oleh beberapa perusahaan startup besar di tengah gejolak perekonomian global. Foto DOK sp kep spsi
A A A
JAKARTA - PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja baru-baru ini tengah marak dilakukan oleh beberapa perusahaan startup besar di tengah gejolak perekonomian global . Baik itu Indosat, Shoope hingga dompet digital LinkAja.

Menurut jurnal "Penyebab Terjadinya PHK Oleh Pengusaha terhadap Pekerja ditinjau Berdasarkan Hukum Ketatanegaraan", dari kesalahan berat karyawan hingga pailit, merupakan dua hal yang kerap menyebabkan Pemutusan Hubungan Kerja.

Baca juga : Badai PHK Terjang Perusahaan Startup, Ketahui Pengertian PHK dan Faktor Penyebabnya

Sementara dalam beberapa kasus PHK yang terjadi oleh beberapa startup besar ini diperkirakan karena dilakukannya efisiensi dan reorganisasi SDM oleh perusahaan. Dimana terdapat karyawan yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang pesat ini, sementara perusahaan selalu menginginkan upgrading.

Berikut 10 perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya :

1. Indosat Ooredoo Hutchison

PT. Indosat Ooredoo Hutchison telah melakukan PHK terhadap lebih dari 300 karyawan pada September lalu. Tujuan dilakukannya adalah bentuk dari strategi penataan organisasi perusahaan agar lebih efisien atau dikenal sebagai rightsizing.

Para karyawan yang terkena PHK ini juga diberikan paket kompensasi dengan rata-rata 7 kali upah, bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah. Nilai ini tentu jauh lebih tinggi dari persyaratan dan ketentuan UU yang berlaku.

2. Shopee Indonesia

Pada September lalu, Shopee juga turut melakukan PHK besar besaran terhadap beberapa karyawan. Jumlahnya sendiri sekitar ribuan orang atau 10% dari total karyawan perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5012 seconds (0.1#10.140)