Dibuka Jokowi, Munas XVII HIPMI di Solo Siap Hadapi Resesi dan Tahun Politik

Senin, 21 November 2022 - 20:14 WIB
loading...
Dibuka Jokowi, Munas XVII HIPMI di Solo Siap Hadapi Resesi dan Tahun Politik
Presiden RI Joko Widodo resmi membuka Musyawarah Nasional ke-XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Alila Solo, Senin 21 November 2022. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SOLO - Presiden RI Joko Widodo resmi membuka Musyawarah Nasional ke-XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Alila Solo, Senin 21 November 2022. Berkumpulnya para pengusaha dari Aceh sampai Papua ini sekaligus membahas peluang dan tantangan dunia ekonomi agar sejajar dengan negara-negara maju.

“Insya Allah roda ekonomi di Solo akan bergerak terutama yang berbasis UMKM,” ujar Plt Ketua Umum BPP HIPMI Eka Sastra, saat Pembukaan Munas XVII HIPMI.

Dia mengatakan pelaksanaan Munas 21-23 November 2022 di Solo ini merupakan ajang pertemuan pengusaha muda terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Sampai tadi pagi, data panitia mencatat 4000 lebih pengusaha muda dari seluruh Indonesia berkumpul di tempat ini.

Selain dihadiri Presiden, Munas XVII HIPMI juga dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla M Mattalitti, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, pendiri HIPMI Abdul Latief, para mantan Ketua Umum BPP HIPMI serta pengurus dari tingkat pusat hingga cabang.

Eka Sastra juga menyampaikan ada tiga agenda dalam pelaksanaan Munas ke XVII ini. Di antaranya adalah Laporan PertanggungJawaban Pengurus BPP HIPMI 2019-2022, Pembahasan Program Kerja untuk tiga tahun kedepan serta pemilihan Ketua Umum periode 2022-20225.

Adapun pemilihan Ketua Umum diikuti tiga calon. Antara lain Akbar Himawan Buchari, pengusaha property dan logistik yang juga Wakil Ketua BPP HIPMI. Kemudian, Bagas Adhadirgha yang merupakan pengusaha sektor dirgantara dan batubara yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal BPP HIPMI.

Ada pula Anggawira, seorang pengusaha sektor batubara juga Ketua Bidang Keuangan Perbankan BPP HIPMI.

“Inilah tiga putra terbaik yang akan melanjutkan roda kememimpinan HIPMI tiga tahun ke depan,” terang Eka Sastra.

Filosofi HIPMI dalam setiap momentum Pemilihan Calon Ketua Umum, ungkap Eka Sastra, tidaklah menganut paham Zero Sum Game (bertarung habis-habisan). Namun, filosofi yang ada di HIPMI adalah bertanding untuk bersanding. Dengan demikian, akan menyatukan kekuatan HIPMI ke depan.

“Sebagaimana dicontohkan oleh Presiden Jokowi saat pemilu lalu. Bertanding untuk bersanding, setelah berkompetisi beliau mengajak untuk sama-sama membangun Indonesia ke depan,” urai Eka Sastra.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2437 seconds (10.177#12.26)