Awas Berbahaya! Ini Kriteria Beras yang Sudah Tak Layak Konsumsi

Selasa, 22 November 2022 - 13:42 WIB
loading...
Awas Berbahaya! Ini Kriteria Beras yang Sudah Tak Layak Konsumsi
Beras yang tidak layak konsumsi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karenanya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut adalah kriteria beras busuk yang harus Anda ketahui!. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beras busuk merupakan beras yang sudah tidak layak konsumsi. Bisa jadi, karena beras tersebut sudah melewati batas kadaluarsa, atau penyimpanan yang kurang tepat sehingga busuk sebelum waktunya.



Beras yang tidak layak konsumsi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karenanya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut adalah kriteria beras busuk yang harus Anda ketahui!

Bau tak sedap

Beras busuk memiliki bau tak sedap sehingga menghilangkan selera makan Anda. Jika menemukan beras dengan kondisi seperti ini, sebaiknya jangan dikonsumsi karena nilai gizi pastinya sudah menurun, serta dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh Anda.

Ditumbuhi jamur

Umumnya, beras yang jamuran dikhawatirkan mengandung jenis kelompok jamur yang beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Beberapa jenis jamur dapat menghasilkan racun yang disebut dengan mikotoksin. Karenanya, segera hindari jika Anda menemukan jamur pada beras ya!



Terdapat kutu

Beras yang sudah terdapat kutu sebaiknya tidak usah dikonsumsi. Selain Anda harus melakukan effort lebih untuk memisahkan kutu dari beras, kondisi seperti ini juga dapat menimbulkan efek samping terhadap tubuh Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)