Kemenperin Ungkap Pentingnya Implementasi Digital untuk IKM

Selasa, 22 November 2022 - 19:10 WIB
loading...
Kemenperin Ungkap Pentingnya Implementasi Digital untuk IKM
Ajang Indonesian Digital Conference (IDC) 2022 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia. Foto/AdveniaElisabeth/MPI
A A A
JAKARTA - Direktur Industri Kecil Menengah Logam Mesin Elektronika Alat Angkat dan Aneka Kementerian Perindustrian Dini Hanggandari mengungkapkan, peran digital sangat penting untuk keberlangsungan para industri kecil menengah ( IKM ) di dalam negeri saat ini. Terlebih dalam implementasi program pemerintah Making Indonesia 4.0.

Baca juga: Ekspor Tembus USD1 Miliar, Kinerja Industri Pengolahan Kakao Kian Legit

"Kalau kita cerita mundur ke belakang di tahun 2018 itu Bapak Presiden Jokowi telah meluncurkan Making Indonesia 4.0. Leading sektornya adalah Kementerian Perindustrian. Di Kemenperin sendiri fokusnya adalah para IKM," ujar Dini di acara Indonesian Digital Conference 2022 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut Dini menyampaikan bahwa salah satu bentuk pemanfaatan digital oleh Kemenperin kepada pelaku IKM adalah dengan meluncurkan Startup4Industry. Program yang telah digelar sejak tahun 2018 ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan tech startup sebagai penyedia teknologi yang mampu memecahkan permasalahan di sektor industri dan masyarakat.

"Startup4Industry merupakan langkah nyata untuk mengembangkanstartup berbasis teknologi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024," jelas Dini.

Menurutnya, Startup4Industry akan menjadi kekuatan bersama tech startup, untuk menjaring inisiatif, program, terobosan, bahkan jejaring yang lebih luas sampai di tingkat global.

Baca juga: Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA dan SMK Sederajat, Ini Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Sebagai informasi, hari ini Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar event Indonesian Digital Conference (IDC) 2022. Event IDC 2022, dilaksanakan dalam enam sesi dengan tema soal industri, media, keuangan, telekomunikasi, periklanan, dan isu tentang perlindungan data pribadi. Semua mengacu pada tema utama “Web 3.0, Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital”.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3818 seconds (11.210#12.26)