3 Perbedaan BRICS dan G7, dari Tahun Berdiri hingga Fokus Utama

Rabu, 23 November 2022 - 14:41 WIB
loading...
3 Perbedaan BRICS dan G7, dari Tahun Berdiri hingga Fokus Utama
BRICS dan G7 merupakan dua organisasi antarnegara yang memiliki kekuatan ekonomi besar. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - BRICS dan G7 merupakan dua organisasi antarnegara yang memiliki kekuatan ekonomi besar. Meski terdapat sejumlah perbedaan, kedua organisasi ini memiliki pada dasarnya punya bahasan yang sama, yakni terkait tentang masalah ekonomi dan keuangan global.

Rusia sebelum menjadi penggagas berdirinya BRICS, juga sempat tergabung dalam G8 (namanya menjadi G7 setelah Rusia keluar) di tahun 1997, akan tetapi ditangguhkan di tahun 2014 karena telah mencaplok Krimea dari Ukraina.

Baca juga : Mengenal BRICS, Pesaing G7 yang Membuat Amerika Geram

Beberapa perbedaan yang sudah jelas dari dua organisasi ini adalah dari tahun berdiri, anggota, dan beberapa fokus utamanya.

Berikut tiga perbedaan BRICS dan G7 :

1. G7 lebih dulu terbentuk

Dikutip dari Reuters, G7 telah didirikan sejak tahun 1973 sebagai forum bagi negara-negara terkaya untuk membahas krisis yang mempengaruhi ekonomi dunia. Pertemuan pertama ini digagas oleh Menteri Keuangan Amerika Serikat, George Shultz.

Sementara BRICS baru terbentuk pada tahun 2010, istilah BRICS ini dikemukakan oleh Jim O'Neill seorang ekonom asal Inggris yang mengungkapkan empat negara dengan ekonomi yang akan tumbuh pesat dan dapat menantang kekuatan ekonomi negara-negara G7.

2. Anggota BRICS dan G7

Dilansir dari Investopedia, awalnya BRICS hanya berisikan empat anggota yakni Brazil, Rusia, India, dan China. Empat negara inilah yang digadang gadang akan menjadi pesaing berat G7 menurut Jim O'Neill.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2939 seconds (11.252#12.26)