Ganjar Gerak Cepat Perbaiki Infrastruktur Jalan Alternatif Banyumas-Brebes Terputus Akibat Longsor

Rabu, 23 November 2022 - 13:30 WIB
loading...
Ganjar Gerak Cepat Perbaiki Infrastruktur Jalan Alternatif Banyumas-Brebes Terputus Akibat Longsor
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau langsung infrastruktur jalan yang terputus di Desa Samudera Kulon, Kecamatan Paguyangan, Banyumas, Rabu (23/11) pagi. FOTO/dok.Istimewa
A A A
BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau langsung infrastruktur jalan yang terputus di Desa Samudera Kulon, Kecamatan Paguyangan, Banyumas, Rabu (23/11) pagi. Dengan sigap, Ganjar menginstruksikan jajaran Pemkab Banyumas dan BPBD Jawa Tengah untuk segera memperbaiki dan mencarikan jalan alternatif.

"Kita sedang siapkan desain agar kita carikan jalan alternatif, apakah diputar karena ini ada punggungan bukit, tanahnya Kodam, jadi nanti kita komunikasi dengan Pangdam, tinggal nanti secara teknis dari Kementerian PUPR kita bicara untuk siapkan desainnya," ujar Ganjar melalui pernyataannya, Rabu (23/11/2022).



Selain jalur alternatif, Ganjar juga meminta pembangunan jembatan sementara khusus diperuntukkan warga yang berjalan kaki. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat, Ganjar minta dicarikan jalur alternatif dan pengerjaannya lebih dipercepat.

Jembatan sementara ditujukan untuk warga yang ingin memenuhi kebutuhan serta memudahkan akses dari dan menuju Desa Samudera Kulon yang masih terisolir. Pasalnya, ada 34 kepala keluarga dan 68 jiwa di Desa Samudera Kulon yang aktivitasnya terhambat akibat jalan yang putus total.

Selama belum ada jembatan, Ganjar ingin warga yang terisolir untuk mendapatkan perhatian khusus. Terutama soal logistik dan kebutuhan sehari-hari.

"Ada beberapa keluarga yang ternyata terisolir, maka saya minta agar logistiknya tidak terganggu. Alhamdulillah mereka aman, mereka sehat, tingga nanti kebutuhan sehari-hari. Intinya mereka harus tetap terlayani dengan baik," jelas Ganjar.

Beberapa waktu terakhir, kondisi cuaca memang sedang buruk di beberapa daerah. Hal itu pun menyebabkan terjadinya bencana alam yang tak terduga.

Oleh sebab itu, Ganjar menegaskan seluruh masyarakat harus waspada jika terjadi bencana sewaktu-waktu. Pemerintah daerah juga didorong untuk terus memperbaharui informasi kebencanaan dan saling gotong royong terhadap sesama.

"Pemerintah siap untuk segera merespons ini (bencana alam) termasuk saudara kita yang di Cianjur juga sama. Kepedulian kita terhadap bencana menjadi perhatian semua pihak agar kita semua bisa saling membantu," kata Ganjar.



Sebagai informasi, hujan deras yang terjadi Jumat (18/11) sore hingga malam hari mengakibatkan longsor dan memutus jalan penghubung Kecamatan Gumelar dan Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Banyumas. Hal itu pun membuat aktivitas warga terganggu.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)