Hingga November, Penyerapan Anggaran Kemenhub Capai Rp25,35 Triliun

Kamis, 24 November 2022 - 20:17 WIB
loading...
Hingga November, Penyerapan Anggaran Kemenhub Capai Rp25,35 Triliun
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per 23 November 2022 mencapai 75,63% atau Rp25,35 triliun dari total pagu anggaran Rp33,51 triliun. Adapun realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kemenhub sampai November 2022 sebesar Rp7,6 triliun atau 90,14% dari target yang ditetapkan sebesar Rp8,6 triliun.

"Kami optimistis penyerapan anggaran hingga akhir 2022 akan mencapai target yang ditetapkan yaitu 97,25%," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (24/11/2022).



Menurut dia sektor perhubungan laut menjadi penghasil PNBP terbesar, sementara udara dan kereta api stagnan dan bahkan kurang dari tahun sebelumnya, dan sektor darat relatif sama dengan tahun lalu. Dia mengatakan akan terus mengawal kinerja jajaran Kemenhub untuk memastikan tercapainya target serapan dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub untuk mengoptimalkan kinerja anggaran dengan mengalihkan atau merevisi anggaran yang berpotensi tidak terserap ke program kegiatan yang masih kekurangan anggaran dan prioritas bagi kebutuhan dasar masyarakat.

"Anggaran angkutan perintis udara dan laut hanya cukup sampai Oktober dan sudah kami alihkan dari kegiatan yang berpotensi tidak terserap anggarannya," jelasnya.



Adapun sejumlah program pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi yang telah dilakukan pada tahun 2022, yakni Revitalisasi Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pengoperasian Bandara Kertajati untuk melayani umrah. Lalu, penyelesaian beberapa infrastruktur di Bali sebagai bentuk dukungan Kementerian Perhubungan pada penyelenggaraan presidensi G20, antara lain terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul dan Sampalan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)