Erick Thohir Ungkap Satu Kunci Sukses Berusaha yang Kerap Dilupakan

Jum'at, 25 November 2022 - 19:32 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap Satu Kunci Sukses Berusaha yang Kerap Dilupakan
Erick Thohir mengungkap pentingnya pendampingan untuk memulai usaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan kunci sukses membangun sebuah usaha dalam waktu yang lama. Salah satunya adalah pendampingan.

Baca juga: Erick Thohir Minta BUMN Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Cianjur

Menurut Erick, untuk memulai bisnis atau usaha tidak melulu soal akses pendanaan dan pasar, namun juga pendampingan. Ketiga aspek tersebut harus berjalan beriringan.

"Saya rasa, kalau kita bicara dunia usaha, pasti kan isunya pendanaan, akses pasar, tapi kadang-kadang dilupakan adalah pendampingan," ungkap Erick melalui akun Instagram @erickthohir, dikutip Jumat (25/11/2022).

Pendampingan, lanjut Erick, merupakan instrumen penting dalam membangun dan menjalankan usaha. Malangnya, faktor itu kadang dilupakan oleh pelaku usaha.

Adapun pendampingan bisa dilakukan melalui pelatihan yang diberikan berbagai lembaga terkait. Dia mencontohkan banyak pelatihan kewirausahaan yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah.

"Pendampingan itu ada dua macam, satu, pendampingan yang memang kita sudah mulai, namanya training. Nah, justru ini yang kita ubah di BUMN. Jadi pendampingan bukan hanya memberi duit, memberi akses pasar, tapi pendampingan supaya ekosistem ini jalan," ucap dia.

Baca juga: Kisah Jihad Profesor Matematika Amerika Serikat Abdulalim Abdullah Shabazz

Erick juga mengungkapkan permintaannya kepada Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk membuat peta jalan dalam pengembangan usaha. "Saya berharap, ayo Hipmi bikin blue print, supaya 50-100 tahun lagi kita udah punya model bisnis apa yang kita lakukan. Kalau tidak, kita hanya jadi penonton, bukan jadi pemain," tutur Erick.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1084 seconds (10.55#12.26)