Wujudkan BUMN Peduli, PKT Salurkan Kebutuhan Mendesak untuk Korban Gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 - 19:55 WIB
loading...
Wujudkan BUMN Peduli, PKT Salurkan Kebutuhan Mendesak untuk Korban Gempa Cianjur
Pupuk Kaltim memberikan bantuan kebutuhan mendesak buat korban gempa Cianjur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peduli bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) melalui aksi cepat tanggap PKT Proaktif, menyalurkan bantuan logistik hingga perlengkapan pendukung bagi para korban yang tengah mengungsi di sejumlah lokasi. Bantuan didistribusikan melalui posko Pupuk Indonesia Grup yang tergabung dalam Satgas BUMN di Kecamatan Cigenang, Jumat (25/11/2022).



SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono mengungkapkan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap para korban, sesuai arahan Kementerian BUMN untuk turun langsung memberi manfaat dalam menyikapi kondisi yang terjadi. Selain itu juga wujud implementasi UU No, 19 Tahun 2003, tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

Bantuan yang disalurkan berupa 10 unit lampu emergency, 20 kardus makanan bayi, 100 kardus susu formula bayi, 500 ikan kaleng dan 500 kornet, serta dua unit tenda pleton ukuran 6x14 meter. Seluruh bantuan didasari kebutuhan mendesak para korban di Kecamatan Cigenang, utamanya bahan pokok hingga keperluan bayi dan tenda layak untuk para pengungsi.

Penyaluran bantuan pun mencakup berbagai wilayah Cigenang, di antaranya Desa Padaluyu, Desa Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kampung Pabrik Jamur, dan Desa Cijedil.

"Sesuai informasi, kebutuhan logistik sangat mendesak untuk segera dipenuhi bagi para korban, mulai dari bahan pokok hingga keperluan bayi. Itu prioritas utama yang kami penuhi terlebih dulu, ditambah tenda layak untuk para pengungsi berteduh," ujar Teguh, dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Dirinya berharap bantuan ini bisa meringankan beban para korban, dan Pupuk Kaltim akan terus berupaya maksimal menyalurkan dukungan lanjutan untuk membantu langkah penanggulangan. Begitu pula untuk pemulihan kondisi pasca-bencana, Pupuk Kaltim siap berkolaborasi bersama Pupuk Indonesia Grup dan Satgas BUMN melalui program PKT Proaktif.

Teguh mengatakan program tersebut sengaja diinisiasi untuk menyikapi berbagai kondisi yang terjadi di masyarakat, dengan turut andil secara aktif memberi manfaat serta dukungan secara optimal. Hal ini merupakan salah satu komitmen Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN, untuk terus berperan dalam membantu masyarakat Indonesia.

"Pupuk Kaltim memiliki kewajiban dan tanggung jawab sosial untuk membantu masyarakat melalui manfaat dan kontribusi sesuai amanat Kementerian BUMN. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban korban maupun masyarakat yang terdampak,” tambah Teguh.

Menteri BUMN Erick Thohir, menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi perusahaan BUMN yang turun langsung membantu para korban gempa Cianjur. Dirinya mendorong seluruh perusahaan pelat merah untuk terus berkolaborasi dan saling membahu menanggulangi dampak serta pemulihan pasca bencana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3402 seconds (0.1#10.140)