Didukung Ekosistem GoTo, GoPay Jadi Dompet Digital Paling Banyak Digunakan

Senin, 28 November 2022 - 19:31 WIB
loading...
Didukung Ekosistem GoTo, GoPay Jadi Dompet Digital Paling Banyak Digunakan
GoPay menjadi dompet digital paling banyak digunakan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Riset yang dilakukan oleh InsightAsia dengan tema “Consistency That Leads: E-Wallet Industry Outlook 2023 mengungkap dompet digital yang paling banyak digunakan. Dalam riset tersebut disebutkan 71% pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay dan terus setia menggunakan sampai saat ini sebesar 58%.

Baca juga: 7 Dompet Digital yang Bisa Transfer Bank, Nomor 4 Tanpa Biaya Admin

Bisnis financial technology services milik PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) itu lebih dari 5 tahun terakhir jadi platform dompet digital yang konsisten paling banyak digunakan oleh konsumen.

Research Director InsightAsia, Olivia Samosir, mengatakan, terdapat lima faktor pendorong utama yang memungkinkan sebuah brand dompet digital berhasil memimpin pasar, yaitu aman digunakan dan memastikan saldo konsumen terlindungi, mudah sekaligus nyaman digunakan dalam bertransaksi, bebas limit penggunaan bulanan dan dapat digunakan untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari secara maksimal.

“Kemampuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang membuat sebuah brand dapat meraih kepercayaan tertinggi dari konsumen,” kata Olivia, Senin (28/11/2022) dalam keterangan resminya.

Kemampuan itupun, lanjut Olivia, tidak bisa hanya dilakukan dalam periode singkat untuk memenangkan preferensi konsumen. Harus didukung oleh konsistensi kinerja yang baik, secara terus-menerus.

“Konsistensi dalam men-deliver atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang pada akhirnya akan menciptakan Consumer Experience atau pengalaman konsumen yang menyenangkan dan membuat konsumen setia untuk terus menggunakan brand tersebut,” lanjutnya.

Ekonomi Universitas Indonesia, Fitra Faisal, mengatakan, keberhasilan GoPay menjadi dompet digital yang paling banyak digunakan publik dikarenakan GoPay berada dalam sebuah ekosistem GoTo yang di dalamnya memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat digital saat ini. Dengan adanya sistem pembayaran berupa GoPay dalam ekosistem tersebut, maka semakin memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

“Karena GoPay hadir di multiplatform yang bisa melakukan semuanya, sehingga dengan berada di ekosistem, maka dia punya kelebihan sendiri. Dan itu sangat membantu pengguna. Jadi kuncinya adalah staying relevant,” kata Fithra.

Fithra melihat bahwa ekonomi digital belakangan ini perkembangannya sangat cepat dan berpotensi untuk terus membesar di masa yang akan datang. Sehingga berbagai aspek terkait pembayaran, layanan, dan lainnya saling terkait dalam menumbuhkan sektor Information and Communication Technology (ICT). Dengan bertumbuhnya sektor ICT, maka dapat mendorong pertumbuhan sektor lainnya juga dan ekonomi nasional secara keseluruhan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2914 seconds (10.177#12.26)