Bank Mandiri Bersama Yokke dan DOKU Dorong Pengembangan UMKM

Rabu, 30 November 2022 - 12:13 WIB
loading...
Bank Mandiri Bersama Yokke dan DOKU Dorong Pengembangan UMKM
Bank Mandiri bersama dengan Yokke dan DOKU menggelar kembali Event UMKM Merah Putih 2022 dengan tema Recover Together Through Digital Innovation yang dihadiri ribuan UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam dua tahun terakhir, peran teknologi dan digital terus berkembang pesat, terutama pasca pemulihan masa pandemi Covid-19. Peran dan penerapan digital ini bahkan telah menjadi model bisnis baru di sektor industri, terutama di sektor usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ).

Tren ini pun menjadikan pelatihan serta bimbingan bagi para pelaku UMKM menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan daya saing dan dapat memberikan dampak positif.

"Kami meyakini bahwa dengan banyak diberikannya akses bimbingan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM ini, maka para pengusaha akan semakin optimal, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dan menjalankan usaha mereka," ujar Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri , Aquarius Rudianto dalam keterangan resminya, Rabu (30/11/2022).



Berangkat dari pemahaman tersebut, tahun ini Bank Mandiri bersama dengan Yokke dan DOKU menggelar kembali Event UMKM Merah Putih 2022 dengan tema Recover Together Through Digital Innovation yang dihadiri ribuan UMKM. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya event kali ini akan diadakan dalam serangkaian acara, mulai dari seremonial pembukaan, bazaar offline dan online, serta pelatihan offline maupun webinar.

Berlokasi di Assembly Hall Lantai 10, Menara Mandiri 1 event bazaar offline dimeriahkan dengan kehadiran puluhan merchant UMKM, dengan sebagian besar merchant merupakan UMKM binaan dari Rumah BUMN, Kemenkopukm, dan instansi lainnya. Adapun, bazzar ini berlangsung mulai dari tanggal 28 November - 30 November 2022.

Selain bazaar offline, keunikan utama untuk event tahun ini adalah adanya bazaar online yang sudah dimulai sejak tanggal 28 November sampai dengan 31 Desember 2022 dengan menggunakan microsite yang mengusung konsep virtual city. Melalui inovasi ini, pengunjung dapat merasakan sensasi baru berbelanja secara digital di merchant-merchant UMKM dengan mengakses langsung website https://virtualcity.yokke.co.id .

"Untuk pelatihan offline dan webinar sendiri akan diadakan di tanggal 30 November, 5 Desember, dan 7 Desember 2022, dengan materi pelatihan yang beragam seperti branding secara digital, solusi platform digital untuk pembayaran dan manajemen toko. Tidak hanya itu, kami juga memberikan pelatihan terkait aspek legalitas dan hukum dalam UMKM yang akan dibahas didalam sesi pelatihan ini oleh praktisi di bidangnya," terang Aquarius.



Aquarius menambahkan, inisiatif pelaksanaan event tahunan UMKM Merah Putih dengan skala yang semakin besar setiap tahunnya ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mendorong UMKM menjadi digital. Sebabnya, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah onboarding ke dalam ekosistem digital per Juni 2022 mencapai 19,5 juta atau 30,4% dari total pelaku UMKM yang sekitar 65 juta unit, sementara pemerintah menargetkan 30 juta UMKM onboarding digital pada tahun 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)