Pertamina SMEXPO Angkat Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Lokal

Kamis, 01 Desember 2022 - 08:41 WIB
loading...
Pertamina SMEXPO Angkat Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Lokal
Pengunjung mengamati produk UKM yang dipamerkan di Pertamina SMEXPO 2022 yang digelar dari 28 November hingga 4 Desember 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ajang Pertamina SMEXPO 2022 digelar selama tujuh hari terhitung 28 November hingga 4 Desember 2022 ditanggapi antusias oleh masyarakat. Tak hanya peningkatan omzet, pelaku usaha kecil menengah ( UKM ) yang mengikuti ajang tersebut juga bersyukur karena produknya makin dikenal publik.

Ajang ini diikuti sebanyak 35 UMKM binaan yang memamerkan beragam produk. Secara paralel, digelar pula pameran online melalui virtual mall smexpo.pertamina.com yang menampilkan produk unggulan dari 555 UMKM binaan Pertamina.

Baca Juga: Partai Perindo Berkomitmen Penuh Dorong UMKM Naik Kelas

Corporate Secretary Pertamina sekaligus Ketua Panitia SMEXPO 2022 Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan, mendahului gelaran SMEXPO tahun ketiga ini dilakukan berbagai pre-event sejak Oktober 2022. Di antaranya, Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), catwalk challenge, workshop UMKM, dan lain-lain.

"Rangkaian kegiatan tersebut telah mendapat banyak perhatian dari karyawan dan masyarakat dimana pada pre-event tersebut produk mitra binaan Pertamina telah mencatat transaksi lebih dari Rp1 milar," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (1/12/2022).

Mengusung tema "Asli Indonesia Asli Kerennya", lanjut Brahmantya, Pertamina SMEXPO diharapkan meningkatkan persepsi masyarakat terhadap produk asli Nusantara. Hasilnya, sebanyak10 mitra binaan berhasil melakukan transaksi ekspor dengan nilai hampir Rp10 miiliar. "Kami percaya SMEXPO 2022 bisa menjadi salah satu penggerak pemulihan ekonomi pascapandemi yang menghantam semua sektor usaha, termasuk UMKM," tegasnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Kenaikan UMP 2023 di 33 Provinsi dari yang Terkecil hingga Paling Besar

Dari sisi peserta, Ismail, pemilik usaha Bali Honey yang menjadi salah satu peserta SMEXPO mengaku sukses mendapat perhatian publik. Ismail menjelaskan, untuk SMEXPO 2022 dirinya membawa sekitar 60 kg madu yang semuanya habis terjual pada hari kedua pameran. "Alhamdulillah barang saya ludes terjual. Tidak menyangka ada yang memborong," kata dia.

Di bagian lain, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Strategi Pencapaian Energi Transisi Ego Syahrial mengapresiasi komitmen Pertamina dalam mengembangkan UMKM. Dia mengatakan, UMKM memang harus didorong untuk berkembang memanfaatkan pemasaran digital agar mampu menembus pasar domestik maupun luar negeri.

"Dengan demikian, UMKM Indonesia akan mendunia, mendatangkan devisa sekaligus menyerap banyak lapangan kerja," tandasnya.

(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1491 seconds (10.101#12.26)