Upaya Mengapresiasi Perusahaan yang Sukses Jalankan Program CSR dengan CSV

Kamis, 01 Desember 2022 - 18:37 WIB
loading...
Upaya Mengapresiasi Perusahaan yang Sukses Jalankan Program CSR dengan CSV
Program CSR terus berkembangan dengan berbagai kreasi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tanggung jawab sosial perusahaan ( CSR ) telah menjadi bagian penting dari aktivitas perusahaan. Program CSR yang bertujuan menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadi upaya mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: Raih Penghargaan IDXChannel CSR Award 2022, J Trust Bank: Kami Bertekad Jadi Bagian dari Solusi

Untuk menciptakan dampak yang lebih baik, dalam penerapan CSR telah berkembang konsep creating shared value (CSV), yang menawarkan kerangka holistik antara profit, people dan planet, sehingga bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, dan sekaligus perusahaan. Konsep ini pun menjadi langkah strategis bagi perusahaan, karena memberikan keuntungan kompetitif melalui kegiatan masyarakat yang dapat menciptakan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, mengungkapkan, untuk mengapresiasi perusahaan yang sukses menjalankan program CSV dan SDGs, INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menghadirkan Top CSV Award 2022 dan Top SDGS Award 2022.

Top CSV Award 2022 merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “Creating Shared Value”. Sedangkan Top SDGs Award 2022 merupakan penghargaan bergengsi yang dianugerahkan kepada perusahaan yang telah berhasil menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam aspek bisnisnya dan berkontribusi terhadap pencapaian 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

“Kami meyakini, dengan komitmen perusahaan dalam menjalankan Program CSV maupun SDGs, akan menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan,” jelas Susilowati, dalam Award Ceremony Top CSV Award 2022 dan Top SDGs Award 2022, yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu kemarin (30/11/2022).

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan, untuk menentukan pemenang, TRAS N CO melakukan serangkaian proses penilaian. Untuk Top CSV Award, penilaian melibatkan tiga juri berkompeten.

Upaya Mengapresiasi Perusahaan yang Sukses Jalankan Program CSR dengan CSV


Penilaian dilakukan berdasarkan tiga aspek pengukuran CSV meter, yaitu CSV Concept Aspect, yang menilai konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan selaras dengan strategi bisnis, keunggulan kompetitif yang dimiliki berdasarkan masalah sosial, inovasi dan kebaruan program. CSV Impact Aspect, yang menilai dampak positif program terhadap eksternal atau masyarakat dan internal atau perusahaan. Serta CSV Branding Aspect, yang menilai nilai branding bagi perusahaan, maupun brand image perusahaan.

Sementara Top SDGs Award, proses riset dan penilaian dilakukan berdasarkan sustainability report perusahaan tahun 2021 dengan mengacu pada tiga parameter penilaian, yakni SDGs Innitiative Aspect, menilai konsep dan gagasan awal perusahaan dalam penerapan poin-poin dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. SDGs Implementation Aspect, menilai penerapan SDGs dengan mengacu laporan keberlanjutan perusahaan yang terpublikasi secara resmi. Dan CSR/TJSL Funds Aspect, yang menilai besaran anggaran yang telah ditetapkan dan direalisasikan dalam menjalankan program TJSL atau CSR.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2063 seconds (11.97#12.26)