Cara Unik WTR Dapat Cuan dari Tol Semarang-Batang: Dijual, Dibeli, Dijual Lagi

Jum'at, 02 Desember 2022 - 17:12 WIB
loading...
Cara Unik WTR Dapat Cuan dari Tol Semarang-Batang: Dijual, Dibeli, Dijual Lagi
Waskita Toll Road membeli kembali sahamnya di Tol Semarang-Batang untuk dijual lagi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) resmi melakukan pembelian kembali (buyback) saham jalan Tol Semarang-Batang . Aset tersebut kemudian didivestasikan atau dijual lagi ke Kings Bless Limited (KBL) dengan harga yang lebih tinggi.



Buyback ditandai dengan penandatanganan kesepakatan pengalihan atas 39,77% kepemilikan saham PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAM JT) pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pemilik konsesi atas jalan tol Semarang Batang.

Transaksi dilaksanakan pada 30 November 2022 kemarin. Transaksi itu juga sekaligus menjadi upaya perusahaan melakukan exercise atas hak opsi beli atau call option saham JSB milik SMI dan RDPT SAM JT, yang sebelumnya disepakati pada sales purchase agreement (SPA) pada Juni 2021 lalu.

Untuk menyelesaikan transaksi tersebut, Kings Bless Limited telah menyerahkan pembayaran awal sebesar Rp3,6 triliun dan digunakan WTR untuk akuisisi saham JSB dengan jaminan gadai saham tersebut.

Direktur Utama WTR Rudi Purnomo mengatakan, Waskita Toll Road dan KBL akan segera melakukan finalisasi aksi korporasi pada JSB melalui penandatanganan SPA pada 5 Desember 2022 mendatang. Dia memastikan nilai transaksinya akan lebih tinggi dibandingkan nilai transaksi buy back, sehingga WTR berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan atas transaksi tersebut.

"Harapannya dengan terlaksananya aksi korporasi ini, WTR selaku anak usaha Waskita Karya dapat memberikan kontribusi positif kepada Waskita, sehingga ke depannya Waskita Group dapat mencatatkan kinerja yang berkelanjutan,” ujar Rudi, Jumat (2/12/2022).



Sepanjang 2022 WTR telah berhasil menyelesaikan aksi korporasi strategis pelepasan saham pada 3 BUJT, di antaranya jalan tol Kanci – Pejagan, Pejagan – Pemalang, dan Cimanggis – Cibitung secara parsial. Adapun total proceed atau penerimaan dari tiga transaksi tersebut mencapai Rp7,5 triliun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3863 seconds (0.1#10.140)