BRI Life Berupaya Bangkitkan Ekonomi dan Karya Penyandang Disabilitas

Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:41 WIB
loading...
BRI Life Berupaya Bangkitkan Ekonomi dan Karya Penyandang Disabilitas
BRI Life memberikan bantuan tangan dan kaki palsu kepada penyandang disabilitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai bagian dari BUMN, BRI Lif e terus menunjukkan kehadirannya bagi masyarakat berbagai kelompok, termasu k penyandang disabilitas . Anak usaha BRI ini di Hari Disabilitas yang diperingati pada 3 Desember memaknainya dengan menyalurkan bantuan kaki dan tangan palsu.



Bantuan itu diberikan agar memampukan penyandang disabilitas untuk bergerak lebih banyak dan dengan demikian dapat memenuhi kebutuhan ekonominya dan berkarya bagi masyarakat di sekitar. Penyerahan bantuan ini diberikan oleh Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila kepada 15 penyandang cacat, yang tergabung dalam Komunitas Kaki dan Tangan Palsu Cileungsi, Rabu pekan lalu (30/11/2022).

“Kontribusi ini merupakan salah satu inisiatif BRI Life untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan kaki dan tangan palsu, untuk dapat bergerak dan beraktivitas. Melalui kontribusi ini, kami berharap BRI Life sebagai bagian dari keluarga besar BRI Group dan FWD Group, dapat membantu bapak/ibu penyandang disabilitas untuk bergerak dan berkarya, guna memberi nilai tambah bagi masyarakat di sekitarnya,” kata Iwan Pasila, dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Komunitas Kaki dan Tangan Palsu Cileungsi dipimpin oleh seorang pemuda bernama Ronald Regen (33 tahun). Komunitas ini menaungi penyandang disabilitas atau difabel di sekitar Cileungsi dan telah membuktikan kemandirian, dengan menghasilkan karya yang bisa dimanfaatkan untuk sesama, sebagai pembuat kaki dan tangan palsu.

Ide membuat kaki palsu dimulai oleh Ronald pada tahun 2015, untuk memenuhi kebutuhannya sendiri akan kaki palsu untuk dapat bergerak dan berkarya. Upaya ini dimulai dengan modal dari hasil tabungan, dan teknik pembuatan dipelajari hanya dari penelitian dan riset di internet.

Menurut Ronald, saat ini baru dapat mengerjakan sebanyak 75 kaki dan tangan palsu untuk wilayah Bogor saja, sementara permintaan terus bertambah. Menurut catatannya lebih 200 orang penyandang disabilitas yang kurang mampu, telah menghubungi komunitas untuk mendapat bantuan kaki atau tangan palsu.



“Kami berharap para penerima kaki dan tangan palsu dari BRI Life ini, selanjutnya akan memiliki semangat baru untuk menapak hari esok yang lebih baik, merayakan kesempatan untuk hidup dengan berkarya untuk memberi makna Indonesia,” tandas Iwan Pasila.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)