Gunung Semeru Berstatus Awas, Aktivitas Penerbangan Masih Normal

Minggu, 04 Desember 2022 - 15:39 WIB
loading...
Gunung Semeru Berstatus Awas, Aktivitas Penerbangan Masih Normal
Kemenhub memastikan erupsi gunung Semeru sejauh ini tidak mengganggu lalu lintas penerbangan. Ilustrasi foto/ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan erupsi gunung Semeru di Jawa Timur sejauh ini tidak mengganggu lalu lintas penerbangan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, aktivitas penerbangan hingga kini masih normal. "Hingga saat ini penerbangan masih berjalan seperti biasa. Tidak ada dampak dari letusan Semeru," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu (4/12/2022).

Sebagaimana diberitakan, aktivitas vulkanik gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan sejak Minggu (4/12) dini hari.

Baca juga: Naik Status Awas, Ini Peta Rawan Bencana Letusan Gunung Semeru

Pada sekira pukul 00.00 - 06.00 WIB hari ini terekam 8 kali gempa letusan, 1 gempa awan panas guguran yang masih berlangsung hingga pukul 06.00 WIB.

Hal ini menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di gunung berapi itu masih sangat tinggi. Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di gunung Semeru.

Baca juga: PVMBG: Erupsi Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 7 Kilometer

Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung Semeru dari ‘Siaga’ menjadi ‘Awas’ atau dari Level III menjadi Level IV, terhitung mulai pukul 12.00 WIB hari ini.

Sehubungan adanya peningkatan status tersebut, PVMBG meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1644 seconds (11.97#12.26)