Kemenhub hanya Bolehkan Dua Jenis Angkutan Barang Saat Nataru

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:30 WIB
loading...
Kemenhub hanya Bolehkan Dua Jenis Angkutan Barang Saat Nataru
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno saat meninjau Pos Lalu Lintas Gadog, Bogor, Jawa Barat. Foto/Kemenhub
A A A
JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno memastikan kesiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan tahun baru ( Nataru ). Hendro mengatakan, dalam persiapan Nataru tahun ini, tindakan yang dilakukan pihaknya tidak bisa seperti yang biasa-biasa saja.



"Setiap tahun tantangan pengamanan tahun baru yang kita hadapi juga berbeda," kata Hendro saat meninjau Pos Lalu Lintas Gadog, Bogor, Jawa Barat, bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, dikutip Selasa (6/12/2022).

Hendro menjelaskan, kawasan Puncak Bogor memang menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi sehingga diperlukan penanganan secara cepat dan tepat. Kemenhub akan berkoordinasi dan manfaatkan sumber daya manusia yang ada di sekitar Bogor.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat juga akan melakukan pembatasan angkutan barang saat Nataru. Pembatasan akan dilakukan pada H-3 perayaan Natal.

“Mulai hari Kamis tanggal 22 Desember nanti akan dilakukan pembatasan angkutan barang kecuali kendaraan yang mengangkut BBM dan bahan pokok,” tutur Hendro.

Hendro pun berharap dengan adanya persiapan awal ini, angkutan Nataru dapat berjalan dengan baik dan kondusif. Kemenhub akan terus mengomunikasikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait penyelenggaraan Nataru, sehingga dapat membantu masyarakat mengambil keputusan ataupun merencanakan perjalanan.

Sementara itu, Irjen Pol. Firman mengatakan survei awal ini untuk memastikan kesiapan jajaran maupun sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan Nataru. Menurut Irjen Pol. Firman, jajarannya di wilayah Bogor sudah sering menghadapi acara masyarakat saat weekend dan sudah menyiapkan sedemikian rupa jalur-jalur yang akan digunakan saat angkutan Nataru.



"Bagi masyarakat yang sekadar ingin ke Puncak silahkan masuk ke kantong-kantong parkir sampai nanti waktu yang ditentukan untuk semua turun satu arah menuju Jakarta lagi. Jadi tanggal 1 sudah clear dan untuk hari-hari berikutnya dapat berjalan sebagaimana mestinya," pungkas Firman.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2232 seconds (0.1#10.140)