Kadin Dorong Pemerintah Merevitalisasi Sektor Perikanan

Jum'at, 13 Februari 2015 - 13:42 WIB
Kadin Dorong Pemerintah Merevitalisasi Sektor Perikanan
Kadin Dorong Pemerintah Merevitalisasi Sektor Perikanan
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong agar terbentuk konsolidasi antar kementerian dan stakholder untuk merevitalisasi sektor perikanan.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mendorong Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pembangunan Desa, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan para pelaku usaha perikanan.

"Agar bekerja sama merevitalisasi sektor perikanan dari hulu sampai hilir. Mulai dari nelayan, tambak, dengan wadah operasinya. Sampai pelaku usaha pengolahan dan pelaku usaha pemasaran perikanan," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Dia juga mengajak pemerintah dan swasta melakukan peningkatan produksi perikanan yang potensinya dapat mencapai Rp380 triliun per tahun. Dengan besarnya potensi perikanan yang belum digarap secara optimal, pihaknya ingin pemerintah mengatasi masalah perikanan.

"Masalah seperti illegal fishing, serta meningkatkan program budidaya perikanan agar produksi perikanan Indonesia dapat meningkat," jelas Yugi.

Dengan demikian, pihaknya menetapkan empat sasaran pengembangan kelautan dan Perikanan nasional. Sasaran pertama, meningkatkan stok pangan nasional. Kedua, kesejahteraan nelayan dan petambak di kampung nelayan dan petambak di pesisir akan meningkat.

Ketiga, sasaran pada industri pengolahan dan pemasaran perikanan yang akan tumbuh pesat karena ketersediaan bahan baku. Terakhir adalah pemenuhan gizi rakyat Indonesia akan protein yang berasal dari ikan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0925 seconds (0.1#10.140)