Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa

Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:56 WIB
loading...
Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa
Hak atas kekayaan intelektual bukanlah masalah sepele. Yang dipertaruhkan bukan hanya klaim karya namun juga keuntungan materi. Itulah mengapa seringkali terjadi perselisihan dan saling klaim mengenai orisinalitas sebuah karya. Ilustrasi/SINDOnews/Titus J
A A A
HAK atas kekayaan intelektual bukanlah masalah sepele sebab yang dipertaruhkan bukan hanya klaim karya namun juga keuntungan materi dari sebuah karya. Itulah mengapa selama ini seringkali terjadi perselisihan dan saling klaim mengenai orisinalitas sebuah karya atau merek yang lazim berujung di meja pengadilan.

Berikut sejumlah kasus sengketa hak kekayaan intelektual paling unik di dunia. (Baca juga: Banyak Negara Sepakat Vaksin Corona tanpa Hak Kekayaan Intelektual)

1. Apple vs Microsoft

Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa


Ketika Microsoft merilis Windows 2.0 pada Desember 1987, Apple Inc melakukan protes. Apple mengklaim Microsoft telah menyalin tampilan dan nuansa antarmuka pengguna grafis (GUI) yang digunakan pada sistem operasi Macintosh milik Apple.

Terkait hal itu Apple mengajukan gugatan terhadap Microsoft pada Maret 1988 dan berproses selama empat tahun. Pengadilan akhirnya memutuskan mendukung Microsoft dan menyatakan argumen Apple gagal berdasarkan orisinalitas. (Baca juga: Mantan Bos Microsoft Sebut Langkah Apple Tinggalkan Intel Sangat Berani)

2. Apple vs Google

Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa


Perang paten smartphone telah berkecamuk sejak 2009. Hal itu tidak mengherankan karena smartphone baru dapat berisi ratusan ribu hak paten. Apple dan Google pernah terlibat sengketa hak kekayaan intelektual selama bertahun-tahun.

Pusat sengketa terutama berkisar pada sistem operasi mobile Android, di mana menurut penilaian pendiri Apple, Steve Jobs dituding sebagai "produk curian." Akhirnya, pada 2014, antara Apple dan Google sepakat menyelesaikan semua litigasi paten di antara mereka secara damain, setidaknya hingga saat ini. (Baca juga: Bingung Pilih Zoom, Microsoft Teams, atau Google Meet? Baca Tulisan Ini!)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)