10 Orang Kaya Dermawan dari Asia, Sumbang Triliunan demi Kemanusiaan

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:53 WIB
loading...
A A A


9. Hiroshi Mikitani
Pendiri dan CEO Grup Rakuten ini pada bulan Februari lalu mengumumkan sumbangan 1 miliar yen atau sekira USD7,2 juta ke Ukraina untuk menangani dampak kemanusiaan dari invasi Rusia awal bulan itu.

Dalam sepucuk surat kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang dirilis pada saat yang sama, Mikitani menulis, "Ketika saya melihat perlawanan berani Anda terhadap serangan yang tidak beralasan ini...Saya berpikir tentang apa yang dapat saya lakukan untuk Ukraina di Jepang dan memutuskan untuk menyumbang."

Pada awal konflik, raksasa e-niaga dan telekomunikasi ini juga memungkinkan warga Ukraina menggunakan aplikasi perpesanan Rakuten, Viber - yang dipasang di 97% ponsel pintar di negara tersebut - untuk menelepon ke telepon rumah atau seluler mana pun secara gratis. Situs donasi online Rakuten untuk Ukraina yang dimulai pada bulan Februari juga telah mengumpulkan hampir 1,3 miliar yen dari lebih dari 70.000 kontributor untuk mendukung upaya bantuan.

10. John Lim dan Andy Lim
Pada tahun 2008, miliarder John Lim, salah satu pendiri ARA Asset Management menugaskan putra sulungnya Andy untuk mendirikan badan filantropi yang dinamai menurut nama ayah guru sekolahnya. Yayasan Lim Hoon memberikan beasiswa kepada siswa kurang beruntung di Singapura yang tidak memenuhi syarat untuk sebagian besar dukungan keuangan berbasis nilai di negara itu.

Hingga saat ini, telah diberikan lebih dari 1.600 beasiswa dengan total sekitar 1 juta dolar Singapura kepada siswa dari sekolah dasar hingga tingkat pra-universitas. Yayasan ini merupakan donor jangka panjang untuk Universitas Manajemen Singapura, untuk mendirikan Beasiswa JLFO-LHF. Setiap tahun, sekitar 12 mahasiswa akan menerima beasiswa empat tahun senilai 40.000 dolar Singapura.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3839 seconds (0.1#10.140)