APPSI Minta Skema Pengadaan Daging

Senin, 16 Februari 2015 - 06:06 WIB
APPSI Minta Skema Pengadaan Daging
APPSI Minta Skema Pengadaan Daging
A A A
JAKARTA - Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran meminta pemerintah segera membentuk skema pengadaan daging. Hal ini untuk mengantisipasi agar harga tidak meroket dan bisa stabil.

"Selalu ada tanda- kalau mau terjadi lonjakan. Biasanya lonjakan terjadi kalau mau bulan Puasa. Kalau kita prediksi seperti itu," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (15/2/2015).

Menurut Ngadirin, kendati lonjakan harga daging saat bulan puasa atau Idul Fitri masih dalam hitungan bulan, namun antisipasi dari lonjakan harus dilakukan sedini mungkin. Sebab, proses impor sapi atau daging sapi tidak berlangsung dalam waktu yang singkat.

"Justru harus dari jauh-jauh hari. Karena kebijakan impor sapi kan tidak bisa sekarang minta izin impor, besok sapinya langsung datang. Tidak bisa seperti itu," terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak bisa banyak membantu mengendalikan harga daging. Sebab pada prinsipnya, pedagang hanya mengikuti harga daging dari pemasok.

"Bagi pedagang, kalau harga belinya naik, maka harga jualnya juga naik. Kalau beli turun, jualnya turun. Di posisi ini, yang kasihan masyarakat sebagai konsumen," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0200 seconds (0.1#10.140)