Rusia Tak Lagi Pasok Gas, Musim Dingin Menguji Kesungguhan Eropa Pangkas Konsumsi

Sabtu, 10 Desember 2022 - 22:19 WIB
loading...
Rusia Tak Lagi Pasok Gas, Musim Dingin Menguji Kesungguhan Eropa Pangkas Konsumsi
Musim dingin pertama setelah munculnya krisis gas sebagai imbas perang Rusia Ukraina, bakal menguji tekad negara-negara Eropa untuk terus membatasi penggunaan gas usai aliran dari Moskow terhenti. Foto/Dok
A A A
PARIS - Musim dingin pertama setelah munculnya krisis gas sebagai imbas perang Rusia Ukraina , bakal menguji tekad negara-negara Eropa untuk terus membatasi penggunaan gas. Seperti diketahui kerusakan pipa Nord Stream membuat aliran gas Rusia berhenti ke Benua Biru.

Negara-negara di kawasan Eropa rata-rata memangkas konsumsi gas alam mereka sebesar 24% pada November 2022 dari rata-rata 2019-2021 untuk bulan yang sama, menurut perhitungan Reuters dengan menggunakan data dari federasi operator jaringan ENTSOG untuk 14 negara dan regulator jaringan nasional untuk Jerman.



Meskipun ada variasi yang luas antar negara, angka tersebut turun dari 29% pada bulan Oktober. Target pengurangan 15% yang ditetapkan negara-negara UE untuk musim dingin ini merupakan tanggapan atas pemotongan pasokan Rusia.

"Konsumsi gas Eropa telah turun karena dua alasan. Pertama, suhu bersahabat pada musim gugur ini sangat mengurangi permintaan rumah tangga, dan kedua harga tinggi telah menyebabkan kehancuran permintaan di sektor industri," kata ekonom Eropa Barclays, Mark Cus Babic.

"Permintaan rumah tangga masih sangat responsif terhadap cuaca, jadi kami pikir yang terakhir adalah sumber penghematan yang lebih kuat ke depan," tambahnya.

Suhu hangat yang luar biasa pada akhir Oktober dan awal November 2022 tidak hanya membuat orang berjemur di bawah sinar matahari di kafe dan luar ruangan seperti musim panas. Kondisi ini juga menjadi bantuan kepada negara-negara Eropa ketika mereka mencoba membangun stok gas mereka.

Namun sejak pertengahan November, konsumsi telah melonjak karena musim dingin mulai datang, memicu permintaan untuk pemanas. Penggunaan gas turun 18% pada minggu terakhir November dari rata-rata jangka panjang dan data awal dari operator jaringan menunjukkan konsumsi telah meningkat sejauh ini pada bulan Desember.



Selain permintaan untuk pemanas, penggunaan gas untuk pembangkit listrik tetap tinggi karena pemeliharaan memaksa rekor jumlah reaktor nuklir Prancis untuk tetap offline dan tingkat angin yang rendah menghantam daya alternatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)