Indonesia hanya Menyisakan 318.470 Rumah Tangga yang Belum Teraliri Listrik

Senin, 12 Desember 2022 - 11:45 WIB
loading...
Indonesia hanya Menyisakan 318.470 Rumah Tangga yang Belum Teraliri Listrik
Pemerintah terus memperluas sambungan listrik ke berbagai wilayah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) melakukan sambungan listrik gratis buat 304 warga di Papua Tengah melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Pemasangan BPBL di Papua Tengah ini melebihi target sebesar 6%, sebelumnya ditargetkan sebanyak 285 penerima manfaat.



Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan ESDM Wanhar dalam mengatakan, pemasangan program BPBL secara nasional melebihi target dari hasil optimalisasi bersama. Secara nasional targetnya 80.000 sambungan, dan yang terwujud 80.182.

"Ini hasil optimalisasi anggaran per daerah yang bervariasi hingga kita mendapatkan lebih," kata Wanhar dalam keterengan pers yang diterima, Senin (12/12/2022).

Dia menuturkan bahwa hingga triwulan III 2022, rasio elektrifikasi (RE) Indonesia mencapai angka 99,60%. Dari data tersebut masih ada sekitar 318.470 rumah tangga yang belum berlistrik dan sebagian besar tersebar di wilayah terpencil (remote area) khususnya daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi ini, dan juga membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah dengan program BPBL yang mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR," ujar Wanhar.



Sementara itu, Senior Specialist Manajemen Niaga PT PLN (Persero), Ismail Deu mengungkapkan bahwa PLN berkomitmen penuh dalam menjalankan tugas program BPBL dari pemerintah. "Kami PLN bergandeng tangan, berkolaborasi menjalankan tugas mulia dari Kementerian ESDM yaitu program BPBL yang diharapkan meningkatkan perekonomian di Nabire ini," ujar Ismail.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)