5 Daerah di Indonesia dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi, No 1 Tak Terduga

Senin, 12 Desember 2022 - 13:07 WIB
loading...
5 Daerah di Indonesia dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi, No 1 Tak Terduga
Melongok lebih jauh struktur perekonomian Indonesia, beberapa provinsi mencetak pertumbuhan ekonomi yang mengejutkan. Berikut 5 Daerah dengan ekonomi tumbuh tertinggi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Saat ketidakpastian global terus meluas, Indonesia diyakini kebal terhadap resesi apabila melihat data pertumbuhan ekonomi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) . Betapa tidak, BPS menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2022 secara kuartal ke kuartal (quarter to quarter/qtq) 1,81% dan secara year on year (yoy) sebesar 5,72%.



Dengan angka pertumbuhan sebagaimana catatan BPS, menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia dapat dikatakan sangat tanguh. Angka tersebut juga bisa menjadi modal kuat ekonomi Indonesia menghadapi ancaman resesi dunia yang diperkirakan akan dimulai 2023 mendatang.

Melongok lebih jauh struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada kuartal III tahun 2022, beberapa daerah mencetak pertumbuhan ekonomi yang mengejutkan. Dari total 34 provinsi Indonesia, kami merangkum ada 5 provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada kuartal III tahun ini.

1. Provinsi Maluku Utara

Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara pada kuartal III 2022 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) secara mencapai 26,94% sedangkan secara YoY yakni 24.85%. Lonjakan ekonomi yang terjadi disebabkan salah satunya oleh sektor pertambangan, terutama nikel.

Keberadaan smelter di Maluku Utara berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Selain itu inflasi di Maluku Utara terbilang rendah sebesar 3,3 %.



Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta inflasi yang rendah juga disebabkan pola hidup masyarakat Maluku Utara yang tak bergantung kepada pasar. Terutama terkait kebutuhan terutama pangan. Banyak masyarakat yang memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam dalam rangka menopang kebutuhan sehari-hari mereka.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa angka pertumbuhan ekonomi Maluku Utara itu menjadi yang tertinggi di dunia lantaran saat ini hampir semua negara mengalami perlambatan ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)