Profil Andrew Carnegie, Industrialis Kaya AS yang Rela Bayar USD20 Juta ke Spanyol untuk Kemerdekaan Filipina

Senin, 12 Desember 2022 - 18:34 WIB
loading...
Profil Andrew Carnegie, Industrialis Kaya AS yang Rela Bayar USD20 Juta ke Spanyol untuk Kemerdekaan Filipina
Sosok Andrew Carnegie mungkin terdengar asing bagi masyarakat pada umumnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Andrew Carnegie mungkin terdengar asing bagi masyarakat pada umumnya. Padahal, dia pernah tercatat sebagai seorang miliarder kaya raya yang memiliki sifat dermawan .

Lantas, siapakah sebenarnya Andrew Carnegie ini?

Mengutip informasi dari laman Carnegie Corporation, Kamis (8/12/2022), Carnegie dikenal sebagai salah satu industrialis kaya raya yang terkenal di zamannya.

Baca juga : Hartanya Lampaui Bill Gates, Andrew Carnegie Bebaskan Filipina dari Jajahan Spanyol

Pria kelahiran 25 November 1835 ini mendirikan yayasan filantropis pada tahun 1911 yang diberi nama Carnegie Corporation of New York. Sedikit melihat ke belakang, dia berasal dari keluarga yang tinggal di kota Dunfermline yang terkenal dengan usaha tenunnya.

Seiring waktu, era industrialisasi mulai berkembang dan berdampak pada usaha tenun keluarganya. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk pindah ke Pennsylvania, Amerika Serikat.

Beranjak dewasa, Andrew Carnegie mulai membantu keluarganya dengan bekerja di pabrik kapas. Dari pekerjaan tersebut, dia mendapatkan upah sekitar $1,20 per minggunya. Seiring waktu, Carnegie terus mengasah kemampuannya dan bekerja keras.

Sekitar umur 24 tahun, dia telah menjadi pengawas perusahaan di Pennsylvania Railroad. Kemudian, di usia 30 tahun, Carnegie sudah mempunyai berbagai bisnis menguntungkan. Sebut saja seperti rel kereta api, sumur minyak, dan lainnya.

Terjun ke bisnis baja, dia mendirikan Carnegie Steel Corporation. Pada perkembangannya, perusahaan ini menjelma sebagai manufaktur raksasa di dunia dengan perkiraan total kekayaan mencapai USD372 miliar.

Baca juga : German Khan, Orang Terkaya Rusia Berharta Rp145,8 Triliun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3507 seconds (0.1#10.140)