Industri Pulih, DB Schenker Dorong Sistem Logistik Makin Gesit

Selasa, 13 Desember 2022 - 08:06 WIB
loading...
Industri Pulih, DB Schenker Dorong Sistem Logistik Makin Gesit
Sektor transportasi dan pergudangan tumbuh tinggi, DB Schenker, salah satu pemimpin global di bidang manajemen rantai pasok dan solusi logistik dunia, mendorong pelaku industri nasional memperbarui manajemen rantai pasok. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tinggi mencapai 25,81% (y-o-y) pada kuartal III 2022 ini. DB Schenker, salah satu pemimpin global di bidang manajemen rantai pasok dan solusi logistik dunia, mendorong pelaku industri nasional untuk memperbarui manajemen rantai pasok, khususnya dalam memperkuat sistem logistik lewat teknologi.



Karakteristik sistem dinilai harus gesit sehingga perpindahan barang dan komoditas kepada konsumen menjadi lebih efisien, tepat waktu, dan memiliki nilai tambah lebih tinggi.

Pergeseran menuju ekonomi digital menjadi salah satu terobosan mendasar dalam beberapa tahun terakhir, yang turut berdampak signifikan ke manajemen rantai pasok. Perubahan ini tidak hanya terjadi di sektor ritel, sebagai usaha yang banyak terdampak dari adaptasi transaksi digital masyarakat, tetapi juga di berbagai industri lain, sekalipun perubahannya mungkin tidak terlalu pesat.

Memanfaatkan momentum tersebut, Ia mendorong pelaku industri di berbagai bidang untuk memperbarui strategi rantai pasok supaya dapat mengakomodasi pengiriman yang lebih cepat dan fleksibel.

“Dengan 150 tahun pengalaman di tingkat global, DB Schenker memahami dengan jelas bahwa dampak dari sistem logistik gesit berkontribusi menumbuhkan industri dan ekonomi nasional dalam jangka panjang. Meski demikian, pengejawantahannya perlu didukung oleh inovasi teknologi, solusi berkelanjutan, dan aset sumber daya manusia berpengalaman untuk membuat servisnya relevan," kata President Director DB Schenker Indonesia Victor Lim.

"Maka, penting untuk menawarkan servis logistik yang terintegrasi, dengan solusi lintas moda sebagai sebagian cara dalam mendorong transparansi serta efisiensi layanan,” sambungnya.

Ekspansi

Dengan penerimaan yang stabil dari Penanaman Modal Asing (PMA), pemerintah Indonesia telah membangun infrastruktur, yang memungkinkan interkoneksi jalur domestik dan internasional untuk mencapai pelosok Indonesia.

“Dengan perluasan jaringan transportasi tersebut, saat ini kargo dapat dikirimkan melalui beragam pilihan moda untuk kebutuhan dalam negeri. Dalam operasionalnya, DB Schenker Indonesia sendiri turut mengakomodasi integrasi layanan transportasi dan pergudangan lewat jalur darat (termasuk penggunaan moda kereta), laut, maupun udara," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3488 seconds (0.1#10.140)