BBWI 2023 Bidik 1,4 Miliar Wisnus, Luhut Beberkan 4 Strateginya

Rabu, 14 Desember 2022 - 07:50 WIB
loading...
BBWI 2023 Bidik 1,4 Miliar Wisnus, Luhut Beberkan 4 Strateginya
Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) meresmikan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Selasa (13/12/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah meresmikan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang bertujuan mendorong minat dan kebanggaan masyarakat Indonesia untuk berwisata di dalam negeri.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan program tersebut bersamaan dengan acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) di Jakarta, Selasa (13/12).

Luhut berharap program BBWI dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan dan membantu pemulihan sektor pariwisata lebih cepat pascapandemi.

"Hal ini terutama pada aktivitas pariwisata, kegiatan kuliner, belanja, dan kegiatan lainnya seperti menggunakan produk dalam negeri," ujarnya, dikutip Rabu (14/12/2022).



Selain itu, program BBWI juga akan memberikan dampak yang baik bagi pelaku UMKM, mendorong penyerapan tenaga kerja, dan pada akhirnya memperbaiki kesejahteraan masyarakat. Sederhananya, masyarakat menikmati pariwisata namun juga berkontribusi untuk memperkuat pemulihan ekonomi.

Implementasi program BBWI tahun 2023 diharapkan akan mendorong perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 1,2-1,4 miliar atau dua kali lebih banyak dibanding dengan capaian tahun ini.

Guna mencapai target tersebut, kata Luhut, terdapat empat strategi yang akan diimplementasikan. Pertama, membangun awareness melalui kampanye intensif program BBWI.

"Pada strategi ini, kerja sama dilakukan secara terintegrasi dengan seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah serta industri pendukung pariwisata, untuk secara masif mengampanyekan program BBWI," urainya.

Kedua, program BBWI akan diintegrasikan dengan promo dan paket pariwisata. "Untuk ini, pemerintah sudah menyusun 12 tematik pariwisata sepanjang tahun 2023 yang dikemas secara menarik sekaligus dapat mengenalkan potensi kekuatan pariwisata Indonesia," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)