Resesi Mengancam, Bank Dunia Sebut Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Kuat di 2023

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:43 WIB
loading...
Resesi Mengancam, Bank Dunia Sebut Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Kuat di 2023
Ekonomi Indonesia tahun depan dinilai masih akan tetap tumbuh kuat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Habib Rab, menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan tetap kuat di 4,8%. Pertumbuhan sektor konsumsi swasta, yang porsinya menyumbang setengah dari pertumbuhan ekonomi, juga akan tetap kuat.



"Apa yang terjadi di sektor itu akan memengaruhi ekonomi secara keseluruhan. Konsumsi tetap kuat, meski di awal ada pelemahan," ungkap Habib dalam konferensi pers Indonesia Economic Prospects (IEP) edisi Desember 2022 di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Dia menyebut terlihat banyak indikasi peningkatan konsumsi, dan tahun depan akan mengalami penormalan lagi. Namun, Habib mengingatkan bahwa sebagian besar ekonomi negara-negara G20 akan masuk resesi, dan akan berdampak pada Indonesia.

"Indonesia tak akan terkecuali, terutama sektor manufaktur non-sumberdaya dan satu digit penurunan dalam G7 dan China akan menimbulkan penurunan di Indonesia," ungkap Habib.



Jadi, dia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia memang tetap baik di 2023, tetapi tetap harus memperhatikan perekonomian global. "Jika ekonomi global turun, ini akan memengaruhi Indonesia, tetapi Indonesia pertumbuhannya tetap baik," pungkas Habib.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3060 seconds (0.1#10.140)