Sahabat Sandiaga Uno Latih Warga Sumedang Budidaya Ikan Air Tawar

Kamis, 15 Desember 2022 - 10:30 WIB
loading...
Sahabat Sandiaga Uno Latih Warga Sumedang Budidaya Ikan Air Tawar
Pelatihan budidaya ikan tawar dan pakan mandiri magot oleh Sahabat Sandiaga Uno dilakukan setelah melihat potensi air di daerah Sumedang yang belum dimanfaatkan secara maksimal. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SUMEDANG - Sahabat Sandiaga Uno Sumedang dorong masyarakat berbudidaya ikan air tawar dan pakan mandiri magot. Kabupaten Sumedang sendiri memiliki potensi yang cukup besar dalam budidaya ikan tawar, lantaran ditunjang dengan perairan gunung yang bagus dan masih sedikitnya pelaku usaha budidaya ikan di wilayah tersebut.

"Saya memilih di Sumedang karena punya potensi pembudidaya perikanannya bagus soalnya ditunjang dengan perairan yang bagus juga dari pegunungan, tapi masyarakat banyak yang belum paham tentang budidaya yang bisa menguntungkan," kata Ketua Sahabat Sandiaga Uno Jawa Barat H Akaw, Rabu (14/12/2022).



Selain pelatihan budidaya ikan, Akaw juga memberikan ilmu mengenai pembuatan pakan mandiri magot agar para calon pembudidaya lebih mudah dalam mendapatkan pakannya. Pelatihan ini juga ditujukan untuk memberikan tambahan penghasilan kepada para pelaku usaha dan menciptakan pembudidaya yang sukses dimasa mendatang.

"Kami memberi pelatihan atau materi tentang budidaya ini untuk bisa menghasilkan nilai rupiah, para pelaku pembudidaya itu sekarang banyak yang paham dan mengerti bagaimana untuk menjadi pembudidaya yang sukses," kata Akaw.

Akaw menginginkan, harapan Sandiaga dalam menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan dapat tercapai. Dari pelatihan tersebut, para peserta juga dimotivasi untuk dapat mengolah ikan menjadi makanan yang kreatif dan inovatif.

"Mereka harus lebih kreatif, programnya Pak Sandi tahun ini kalo bisa memperdayakan ekonomi kreatif itu dengan target 1,1 juta orang untuk punya keinginan merubah mindset dan menghasilkan rupiah. Mereka juga mulai berpikir pada olahan ikan seperti nugget, bakso, dan ice cream ikan," ungkap Akaw.



Arip, salah satu peserta menceritakan dirinya ingin menambah ilmu dan mencoba hal baru dalam dunia perikanan seperti membuat pakan mandiri magot. Ia juga mengungkapkan terima kasih atas materi yang diberikan karena bisa menginspirasi masyarakat.

"Saya udah budidaya ikan, cuma lebih fokusnya ke magot, jadi ini mau mencoba materi disini mau diserap. Terima kasih atas adanya materi ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, terima kasih Bang Sandi semoga sukses," kata Arip.

Diketahui, kegiatan tersebut digelar di Desa Conggeang Kulon, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)