Sri Mulyani: Pemerintah Dukung PLN Listriki Daerah 3T Lewat PMN

Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:11 WIB
loading...
Sri Mulyani: Pemerintah Dukung PLN Listriki Daerah 3T Lewat PMN
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyaksikan penandatangan Letter of Commitment (LoC) penggunaan PMN 2022. FOTO/dok.PLN
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) sebagai BUMN kelistrikan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN). Perusahaan menandatangani Letter of Commitment (LoC) atau pakta integritas terkait penggunaan PMN 2022

Melalui LoC tersebut, PLN berkomitmen menyalurkan dana PMN tepat sasaran agar masyarakat bisa sepenuhnya menikmati akses listrik. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah mendukung langkah PLN untuk terus melistriki seluruh daerah di Indonesia melalui pemberian PMN.



Oleh karena itu, penandatanganan sangat penting sebagai komitmen dari PLN untuk melaporkan pertanggung jawaban capaian dari penggunaan PMN yang diterima.

"Kita bertanggung jawab untuk selalu bisa menyampaikan apa yang sudah kita kerjakan untuk manfaat bagi masyarakat dan perekonomian," kata Sri Mulyani dalam arahannya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Dia berharap agar investasi pemerintah ini bisa menghasilkan manfaat bagi masyarakat khususnya yang belum tersambung listrik. Sehingga bisa berefek domino bagi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Karena seluruh rakyat Indonesia di manapun mereka berada, berhak mendapatkan pelayanan yang sama, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar termasuk listrik. Itulah yang kita gunakan untuk membangun Indonesia berkelanjutan dan berkeadilan," tutur Sri Mulyani.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap menjalankan amanah dari pemerintah dengan menggunakan dana PMN untuk melistriki daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Hal tersebut sebagai langkah untuk mewujudkan sila ke lima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Secara khusus, PLN akan menaruh perhatian kepada daerah-daerah yang berada di luar pulau Jawa karena masih banyak yang belum tersentuh listrik. Seperti misalnya di daerah Sumatera, Kalimantan dan kawasan Indonesia timur.

"Untuk itu kami menyambut dengan bangga penandatangan komitmen ini, dengan adanya dana PMN ini sila ke lima Pancasila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam hal ini keadilan untuk akses infrastruktur dasar listrik bisa diwujudkan di seantero nusantara," kata Darmawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)