Dilema Messi dkk: Jadi Juara Piala Dunia atau Ekonomi Argentina Bangkrut?

Sabtu, 17 Desember 2022 - 16:01 WIB
loading...
Dilema Messi dkk: Jadi Juara Piala Dunia atau Ekonomi Argentina Bangkrut?
Jika Lionel Messi sukses membawa timnya menjadi juara Piala Dunia maka akan menghibur warga Argentina yang dirundung kemiskinan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Final Piala Dunia akan membawa arti tersendiri bagi Argentina, negara yang ekonominya saat ini tengah morat marit. Hadiah USD30 juta atau Rp465 miliar (kurs Rp15.500) sudah berada di tangan, meski tim Albiceleste itu kandas oleh Perancis. Namun, jika sukses mempecundangi Si Ayam Jantan, fulus yang akan dibawa Leo Messi dan kawan-kawan semakin membesar, Rp651 miliar.



Uang Rp465 miliar atau Rp651 miliar bagi tim sepakbola di negara yang terancam bangkrut jelas jumlah yang luar biasa. Saat Argentina dibelit utang Rp515.000 triliun, dan di kantong pemerintah hanya menyisakan Rp32,5 triliun, hadiah tadi seolah menjadi oase atas keringnya perekonomian.

Uang itu bisa digunakan untuk pengembangan sepakbola Argentina yang sulit mendapat kucuran dana dari pemerintah. Boro-boro duit buat sepak bola, untuk mengatasi kemiskinan ekstrem penduduknya yang mencapai 5,3 juta jiwa, pemerintah Argentina sudah ngos-ngosan.

Argentina memang didera tingkat kemiskinan yang tinggi, angkanya sekitar 36% pada paruh pertama tahun 2022. Jumlah penduduk negerinya Evita Peron ini sekitar 45,8 juta jiwa.

Melonjaknya jumlah orang miskin di Argentina, salah satunya, tak lepas dari tingginya inflasi. Negara penghasil gandum ini harus menghadapi inflasi sekitar 82,3%, pada Oktober dan di akhir tahun diperkirakan tembus 100%. Selama berpuluh-puluh tahun Argentina dirundung inflasi double digit.

Pertandingan Final Piala Dunia melawan Perancis memang seolah membawa dilema bagi warga Argentina sendiri. Banyak yang menganggap bahwa laga final itu menjadi pelipur lara masyarakat yang tengah dihantam kesengsaraan. Malah jika menjadi juara akan melupakan sejenak beban hidup, sebelum kembali dihadapkan pada realita.

Ada juga yang berpandangan bahwa gelar juara Piala Dunia akan semakin menekan hidup warga Argentina. Salah satunya diutarakan oleh Diego Schwartzstein, dokter yang pernah menangani Lionel Messi.

Menurut si dokter, jika Argentina juara Piala Dunia 2022, pemerintah setempat bakal menggolkan kebijakan ekonomi yang merugikan masyarakat. Kebijakan itu bisa saja dikeluarkan Pemerintah Argentina ketika masyarakat tengah "mabuk" merayakan gelar juara.

"Sebagai penggemar sepakbola, saya ingin Argentina juara. Namun, sebagai warga negara Argentina, saya ingin mereka kalah," kata Diego dikutip dari Sportskeeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)