5 Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam yang Terjangkau dan Terpercaya

Senin, 19 Desember 2022 - 09:50 WIB
loading...
5 Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam yang Terjangkau dan Terpercaya
Rekomendasi tempat membeli emas Antam yang terjangkau dan terpercaya penting untuk diketahui agar terhindar dari penipuan. Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Bagi yang minat investasi emas , rekomendasi tempat membeli emas Antam yang terjangkau dan terpercaya penting untuk diketahui agar terhindar dari penipuan.

Hingga kini emas atau logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak digemari lantaran praktis dan mudah dilakukan oleh siapa pun.

Harga emas yang cenderung terus meningkat, imbal hasil yang menjanjikan, serta kemudahan dalam pencairannya, menjadikan logam mulia ini sebagai pilihan investasi yang tak lekang waktu.

Selain itu, emas juga dipercaya sebagai aset pelindung nilai (safe haven) yang bisa meminimalisasi risiko di tengah kondisi ketidakpastian dan ancaman terjadinya krisis atau resesi seperti saat ini.

Emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) merupakan salah satu pilihan yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Berdasarkan laporan tahunan (annual report) Antam 2021, pada tahun lalu perseroan mampu meningkatkan basis pelanggan emas di dalam negeri dengan capaian penjualan emas domestik sebesar 28,28 ton. Ini merupakan capaian tertinggi tingkat penjualan emas di pasar domestik sepanjang sejarah Antam berdiri.



Emas batangan Antam terjamin keaslian dan kemurniannya yang dikukuhkan melalui sertifikat LBMA (London Bullion Market Association). Masyarakat bisa membelinya mulai dari pecahan 0,5 gram hingga yang terbesar 1.000 gram.

Berdasarkan data terbaru yang dikutip dari laman logammulia.com, pada perdagangan hari ini, Senin (19/12/2022), harga emas batangan Antam terpantau melemah Rp1.000 ke level Rp1.007.000 per gram dibandingkan perdagangan kemarin.

Cetakan emas terkecil yakni 0,5 gram dibanderol Rp553.500, sementara untuk ukuran emas yang terbesar yaitu 1.000 gram dihargai Rp947.600.000.

Biasanya, saat harga sedang turun atau melemah menjadi waktu yang tepat untuk membeli emas. Adapun logam mulia Antam bisa dibeli langsung di toko maupun secara daring (online). Antam juga memiliki butik resmi di mana masyarakat dapat melakukan pembelian dan penjualan aset berkilau tersebut.

Butik emas Antam berlokasi di gedung pusatnya di Jakarta dan sejumlah kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Bali, Makassar, Palembang, Balikpapan, Medan, Banjarmasin.



Selain di butik resmi Antam, berikut ini 5 rekomendasi tempat beli emas Antam, dikutip dari laman aplikasi investasi online tanamduit, Senin (19/12/2022):

1. Pegadaian
Sebagaimana diketahui, Pegadaian cukup populer di telinga masyarakat dan kantornya pun banyak tersebar hingga daerah. Sehingga, Pegadaian juga menjadi salah satu tempat membeli emas Antam yang kerap didatangi banyak orang.

Di Pegadaian, masyarakat dapat membelinya dengan sistem tunai (cash) atau kredit melalui program tabungan emas.
Pembelian secara tunai dapat dilakukan secara online dan offline.

Namun, untuk kantor cabang umumnya tidak melayani pembelian secara tunai melainkan menawarkan program tabungan emas. Tak hanya membeli, masyarakat juga dapat menjual kembali logam mulia miliknya langsung di Pegadaian.

2. Bank Syariah
Sejumlah bank syariah diketahui menjual emas Antam, di antaranya Bank Muamalat dan Bank Syariah Indonesia (BSI).
Keunggulan tempat beli emas Antam satu ini adalah keberadaaan bank syariah di kota-kota kecil serta kemudahan pembeliannya sesuai prinsip syariah.

BSI yang merupakan bank hasil merger antara PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah, juga menyediakan produk investasi emas yang terjangkau di mana nasabah bisa menabung dalam bentuk emas mulai dari Rp50.000.

3. Toko Emas
Selain perhiasan, sebagian toko emas juga menjual logam mulia. Gerai penjual emas dapat ditemukan di mana pun. Namun, sebelum membelinya langsung di toko, pastikan untuk mengecek validitas sertifikat yang dikeluarkan. Peru diketahui juga bahwa jika menjual kepemilikan logam mulia di toko, harga buyback-nya cenderung lebih rendah dari yang lainnya.

4. Website Logam Mulia
Pembelian logam mulia Antam juga dapat diakses melalui website logammulia.com. Masyarakat dapat bertransaksi via website langsung maupun melalui kontak WhatsApp yang tersedia. Selain itu, tersedia pilihan untuk mengambilnya langsung ke butik resminya atau pengiriman melalui jasa ekspedisi.

5. Aplikasi Investasi Emas
Kemajuan teknologi di era modern seperti sekarang memungkinkan masyarakat untuk membeli logam mulia tanpa harus capek datang langsung ke tempat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi investasi emas melalui gawai smartphone sehingga lebih praktis dan efisien. Salah satu platform aplikasi yang menjual logam mulia produksi Antam adalah tanamduit.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)