Apresiasi Kolaborasi Lintas Instansi, Menparekraf: 5 DSP dan 8 KEK jadi Destinasi Unggulan

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:49 WIB
loading...
Apresiasi Kolaborasi Lintas Instansi, Menparekraf: 5 DSP dan 8 KEK jadi Destinasi Unggulan
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, kolaborasi lintas kementerian dan lembaga (K/L) berhasil menjadikan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) dan 8 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata sebagai destinasi unggulan.

Dalam "Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (19/12), Menparekraf menyampaikan bahwa ada target yang perlu dipastikan dalam menyiapkan destinasi unggulan yang berkualitas dan berkelanjutan pada era pascapandemi di 5 DSP dan 8 KEK pariwisata.

Dalam sinergi itu diperlukan kolaborasi yang kuat antar K/L dalam pengembangan 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas), SDM, industri dan investasi, pengembangan promosi, product development and event, serta pengembangan produk ekonomi kreatif.

“Dan ini adalah suatu kolaborasi yang kolosal lintas kementerian lembaga dan kinerja dari 5 DSP serta 8 KEK pariwisata ini berhasil kita lakukan untuk menopang persiapan dari DSP ini menjadi destinasi unggulan beyond Bali,” kata Sandiaga, dikutip Selasa (20/12/2022).

Kemenparekraf berkolaborasi dengan K/L lainnya, seperti dengan Kementerian PUPR untuk pembangunan infrastruktur jalan, penataan kawasan, penyediaan air bersih dan sanitasi, pembangunan homestay/sarhunta.

Adapun dengan Kementerian Perhubungan melalui peningkatan konektivitas darat, serta stakeholder lain, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mendorong investasi pembangunan infrastruktur sektor BUMN dan swasta.



Sementara itu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, pengembangan 5 DSP dan 8 KEK pariwisata menunjukkan progres signifikan.

“Kita bersyukur sebagian besar menunjukkan progres yang signifikan, karena masih ada beberapa KEK masih membutuhkan perhatian khusus untuk didorong investasinya. Kemenparekraf berterima kasih kepada KemenPUPR yang kontribusinya luar biasa dalam infrastruktur,” tuturnya.

Direktur Utama Badan Pengelola Otorta (BPO) Danau Toba Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan, DSP Danau Toba pun mengalami perkembangan positif pada atraksi, aksesibilitas, amenitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)