Ekonomi Kreatif Mampu Ciptakan Inovasi Produk Pangan

Selasa, 20 Desember 2022 - 18:48 WIB
loading...
Ekonomi Kreatif Mampu Ciptakan Inovasi Produk Pangan
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri pembukaan Greens. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dengan dukungan teknologi, ekonomi kreatif di sektor pertanian akan mampu menghadirkan produk-produk sayuran yang bisa ditanam tanpa membutuhkan lahan luas dan bisa dinikmati dengan kondisi super-segar. Kemampuan itulah yang dihadirkan oleh Greens, sebuah startup di bidang teknologi agrikultur (agritech), dengan membuka pusat pertanian multidimensi pertama di Jakarta Pusat, tepatnya di Plaza Indonesia, hari ini, Selasa (20/12/2022).



Greens menciptakan inovasi baru dalam penyajian pangan kaya akan nutrisi yang disebut dengan live salad yang dihadirkan di dalam mal. Setelah memilih menu, pembeli dapat melihat langsung cara salad disajikan. Uniknya, sayuran micro Greens yang menjadi bahan utama dari salad tersebut ditanam dan dipanen langsung di dalam mall.

Greens memang mengadopsi sistem pangan hyperlocal, sehingga sumber pangan ditanam, dipanen dan disajikan di tempat yang sama sehingga bahan pangan itu aman, terjamin kualitasnya dan bernilai gizi tinggi.

"Kami berharap langkah kami ini dapat menjadi kegiatan ekonomi kreatif. Pengembangan bisnis ini tentunya perlu dukungan pemerintah agar semakin banyak masyarakat yang mengenal dan berpartisipasi menjadi petani online sehingga visi dan misi kami mengenai sistem ketahanan pangan dapat terwujud. Makanya, menjadi sebuah kehormatan bagi kami saat Bapak Sandiaga Uno mau hadir untuk meresmikan gerai kami,” ujar Erwin Gunawan, Co-Founder & Chief Business Officer Greens.

Teknologi agrikultur Greens berbentuk pod (Greens pod) yang memanfaatkan sistem penanaman dalam ruangan menggunakan teknologi blockchain, artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT) untuk menciptakan desentralisasi sumber pangan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Greens pod dapat mengatur suhu udara, kelembaban udara, pengaturan cahaya, hingga perencanaan penanaman sumber pangan jangka panjang sehingga hasil panen terprediksi, lebih konsisten dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Karena bentuknya yang portabel dan moduler, Greens pod mudah ditempatkan di berbagai lokasi sehingga dapat menghasilkan hasil tanam yang dapat langsung dipanen, diolah dan dikonsumsi di tempat yang sama (hyperlocal food). Greens memiliki misi untuk mencegah kehilangan sumber pangan (food loss) dan menghadirkan sumber nutrisi yang terbaik.

“Greens menghadirkan sistem pertanian metafarming, sehingga masyarakat dapat berkontribusi secara langsung untuk menanam serta menghasilkan sumber pangannya sendiri di dunia virtual dan dapat dipanen di dunia nyata," jelas Erwin.

Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakkan oleh para kreator dan inovator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)